Definisi atau Pengertian Fosil dan Fosil Hidup

Manusia, hewan dan tumbuhan diperkirakan telah ada di permukaan bumi ini sejak jutaan tahun yang lalu. Dengan sebab-sebab tertentu mereka kemudian mati dan digantikan oleh manusia, hewan dan tumbuhan yang baru. Namun demikian jejak-jejak kehidupan mereka di masa lalu terekam lewat fosil-fosil maupun fosil hidup yang ditemukan kemudian. Nah apa sih definisi atau pengertian fosil dan fosil hidup?. Di artikel ini Cinta Sains menuliskannya untuk Anda. Selamat membaca.

Pengertian fosil

Fosil adalah sisa-sisa atau bekas jasad makhluk hidup di masa lalu yang telah menjadi batu atau mineral. Kata fosil berasal dari bahasa Latin, yaitu "Fossa" yang artinya menggali keluar dari tanah. Disebut demikian karena umumnya fosil ditemukan di dalam tanah dan tertutup lapisan sedimen.


Sisa-sisa jasad makhluk hidup yang mati harus tertutup dalam lapisan sedimen untuk bisa menjadi fosil, jika tidak maka fosil tidak akan terbentuk. Fosil digunakan oleh para ahli Paleontologi untuk mempelajari kehidupan yang pernah terjadi pada masa lalu atau masa purba.

Di samping fosil-fosil yang ditemukan dalam sedimen, ada juga yang disebut dengan fosil hidup. Apa itu fosil hidup?.

Pengertian fosil hidup

Fosil hidup adalah beberapa jenis (species) makhluk hidup masa lalu atau masa purba yang masih ada atau hidup hingga saat ini. Para ahli dapat mengenali atau mengidentifikasi mereka sebagai fosil hidup melalui fosil-fosil yang bentuknya sangat mirip dengan bentuk fisik mereka. 

Jumlah fosil hidup tentu saja sangat sedikit atau langka. Contoh dari beberapa fosil hidup yang ditemukan oleh para ahli Paleontologi antara lain Ikan Coelacanth dan pohon Ginkgo.


Oh ya, Paleontologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masa lalu atau kehidupan purba. Paleontologi berasal dari 3 kata, yaitu Paleo yang artinya purba, Onto yang berarti hidup dan Logos yang berarti ilmu.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Cara Badak Berkembang Biak atau Reproduksi

Demikian artikel tentang definisi atau pengertian fosil dan fosil hidup. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: