Pengertian Radiasi, Konduksi dan Konveksi Serta Contohnya

Kali ini kita akan membahas mengenai perpindahan panas (kalor) yang dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu radiasi, konduksi dan konveksi. Selain itu Cinta Sains juga akan memberikan beberapa contoh dari peristiwa radiasi, konduksi dan konveksi. Selamat membaca.

Pengertian radiasi dan contohnya

Radiasi adalah peristiwa perpindahan panas yang terjadi dengan tanpa adanya perantara. Jadi dalam hal ini panas merambat tanpa melalui suatu zat. 

Contoh radiasi : panas matahari yang melewati ruang hampa dan sampai ke bumi. Panas dari energi matahari berpindah tanpa melalui suatu zat ke bumi dan kita dapat merasakan panasnya.


Pengertian konduksi dan contohnya

Konduksi adalah peristiwa perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan zat tersebut. Dalam hal ini panas merambat melalui suatu zat namun zat tersebut tidak bergerak atau berpindah. 

Contoh konduksi : saat kita memanaskan ujung paku di atas api, maka kepala paku yang kita pegang juga akan ikut terasa panas. Panas dari api telah merambat melalui ujung paku yang dipanaskan ke seluruh bagian paku tanpa terjadi pergerakan fisik paku tersebut.

Pengertian konveksi dan contohnya

Konveksi adalah peristiwa perpindahan panas melalui suatu zat yang disertai dengan perpindahan zat tersebut. Dalam hal ini panas merambat melalui suatu zat dan menyebabkan zat tersebut bergerak atau berpindah.

Contoh konveksi : Saat air dipanaskan, maka panas dari api pada kompor akan merambat ke air dalam panci secara perlahan hingga suhu air mencapai 100 derajat celcius dan membuat air bergerak naik turun yang kita sebut dengan mendidih.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Definisi atau Pengertian Fosil dan Fosil Hidup

Demikian artikel tentang pengertian radiasi, konduksi dan konveksi serta contohnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: