Proses Pembentukan Batuan Dan Jenis Batuan

Batuan adalah salah satu sumber daya alam yang tergantung di dalam bumi yang jumlahnya sangat besar. Batuan terjadi melalui proses alami yang sangat panjang. Proses terjadinya batuan bermacam-macam. Ada yang terjadi karna pembekuan larva, endapan atau proses sedimentasi dari air sungai dan air laut. Dari batuan-batuan yang ada, mengalami perubahan sifat dan warnanya senghingga membentuk batuan baru lain jenisnya. Melihat proses terjadinya yang sangat lama dengan waktu yang berbeda-beda,maka jenis batuan juga bermacam-macam,sehingga manusia dapat memafaatkan sesuai dengan kebutuhannya .Dari bermacam-macam batuan yang ada,kita dapat memanfaatkan untuk bahan bangunan,perhiasan,danberbagai jenis industri,misalnya:pasir kwarsa {pembentukan kaca},pasir besi {pembuatan besi baja},marmer {untuk bahan bangunan} dan lain-lain.
Batuan dibedakan menjadi tiga macam yaitu:

1.batuan beku.
  batuan beku adalah batuan yang berasal dari lava yang membeku. Macam-macam batuan beku:
  A.Batu Obsidian: terbentuk dari lava yang membeku secara cepat. Warnanya gelap seperti kaca dan tidak ada kristal-kristal.
  B.Batu Granit  : terbentuk dari lava yang membeku secara lambat. Warnannya putih hingga abu-abu.Terdiri atas kristal-kristal kasar.
  C.Batu Basalt  : terbentuk dari lava yang membeku di dasar laut.Terdiri dari kristal-kristal yang samggat kecil,berwarna hijau keabu-abuan dan banyak lubang.
  D.Batu Breksi  : terbentuk dari pecahan-pecahan batuan letusan gunung berapi yang terlempar dan barsatu. Warnanya terang seperti kaca dan kwarsa.
  E.Batu Apung   : terbentuk dari lava yang membeku dan banyak menggeluarkan gas sehingga berpori-pori dan ringan.

2.Batuan Sedimen.
  Batuan Sedimen adalah batuan yang terjadi dari endapan bahan yang berasal dari kikisan batuan lain. Macam-macam batuan sediman:
  A.Batu Konglomerat: Terbentuk dari kerakal yang terekatkan.
  B.Batu Pasir      : terbentuk dari butir-butir pasir yang mendapat tekanan dari proses sedimentasi {ciri berlapis-lapis}.
  C.Batu Serpih     : terbentuk dari geluh dan tanah liat yang terikat oleh semen alami.
  D.Batu Kapur      : terbentuk dari cangkang hewan laut dan karang.

3.Batuan Metamorf.
  Batuan metamorf adalah batuan yang menggalami perubahan karena tekanan dan suhu yang tinggi dalam waktu sangat lama. Macam-macam batuan metamorf:
  A.Batu Marmer {Batu Pualam}: Terbentuk dari batuan sedimen yang menggalami perubahan karena tekanan dan suhu tinggi.
  B.Batu Tulis {Batu Sabak}  : Terbentuk dari batu serpih yang menggalami perubahan karena suhu dan tekanan yang tinggi sehingga menjadi batu tulis yang keras.

Subscribe to receive free email updates: