Manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia | Cinta Sains

Kurma merupakan buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga arecaceae dari genus Phoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma dia kini berasal dari tanah sekitar tepian sungai Nil dan Eufrat. Namun sekarang pohon kurma banyak dibudidayakan secara luas di Wilayah beriklim hangat di hampir semua benua termasuk di Afrika Australia Amerika (California) dan Indonesia.


Kurma yang telah matang mengandung sekitar 80% gula dan sisanya terdiri lemak, protein dan mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Selain itu kurma juga merupakan sumber kalium yang sangat baik begitu juga akan seratnya. 

Kurma matang memiliki daging buah dengan serat yang lembut dan rasa yang sangat manis daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang sangat mudah dengan cepat mengisi ulang energi tubuh karena itu kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.

Berikut ini beberapa khasiat buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia:
  1. Dengan memakan buah kurma secara teratur akan sangat baik untuk mencegah serangan kanker dan penyakit jantung.
  2. Buah kurma kaya akan serat sehingga akan mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus kandungan serat kurma juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker usus besar.
  3. Kurma dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi karena itu kurma juga disebut sebagai makanan laksatif.
  4. Dalam buah kurma mengandung tanin tanin merupakan antioksidan yang bersifat anti infeksi anti inflamasi dan anti hemoragik.
  5. Di dalam kurma mengandung zat besi yang cukup baik, dan zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
  6. Kurma merupakan sumber kalium yang sangat baik, sedangkan kalium adalah salah satu mineral yang sangat penting dalam cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
  7. Kalsium yang terdapat dalam buah kurma dapat membantu dalam pembentukan tulang dan gigi dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi implus saraf.
  8.  Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
  9. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
  10. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks yaitu piridoksin.
  11. Vitamin A yang terkandung dalam kurma mempunyai sifat antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah kurma untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: