Arti dari klorofil dan manfaatnya bagi tumbuhan | Cinta Sains

Arti dari klorofil dan manfaatnya bagi tumbuhan.
Klorofil adalah zat hijau daun. Tumbuhan hijau adalah tumbuhan yang berklorofil atau berhijau daun. Tumbuhan hijau sendiri menjadi sumber makanan bagi manusia dan hewan. Melalui butir-butir klorofil tumbuhan hijau mengolah/membuat makanan bagi makhluk lain dan untuk kebutuhannya sendiri. 





Klorofil terletak pada butir-butir kloropas. Untuk melihat kloropas dalam daun, petiklah sehelai daun tumbuhan yang agak tebal, kemudian sobek daun sampai terlihat terdapat beberapa tumpukan sel. Bagian terluar di dari daun disebut kulit daun dan diantara kulit daun terdaat beberapa tumpukan sel-sel daun. Diantara kulit daun bagian atas dan bahwah terdapat tulang daun, daging daun dan butir-butir kloropas.

Fungsi dari  klorofil pada tumbuhan adalah untuk melakukan fotosintesis, proses fotosintesis bertujuan untuk membuat makanan/cadangan makanan bagi tumbuhan sendiri atau bagi makhluk lain (manusia dan hewan). Dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau memerlukan cahaya, udara yang berupa karbon dioksida (CO2) dan unsur -unsur hara yang berupa zat mineral. Zat-zat mineral yang terlarut dalam air diserap oleh akar dan masuk ke dalam tubuh tumbuhan dengan cara osmose dan kapilaritas.


Air dan mineral diserap melalui akar dari dalam tanah dan diangkat ke daun melalui pembuluh batang secara kapilaritas. Hasil fotosintesis kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh ayak dan pembuluh tapis, sisa dari hasil fotosintesis disimpan sebagai makanan cadangan. 

Makanan cadangan tumbuhan bisa berupa buah-buahan, contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan berupa buah-buahan seperti pohon mangga, pisang, jambu, apel jeruk dan lain-lain. Dapat juga cadangan makanan disimpan berupa biji-bijian,  seperti padi, kacang hijau, kacang kedelai dan lainclain. Untuk tumbuhan yang menyimpan makanan cadangan berupa umbi-umbian, contohnya kentang, ketela, singkong dan lain-lain.Atau disimpan dalam batang seperti tebu, sagu, aren dan lain-lain.

Dalam butir kloroplas terdapat klorofil (zat hijau daun). Berikut ini beberapa zat warna yang terdapat pada tumbuhan;
  1. Kloroplas : warna hijau daun (klorofil)
  2. Karoten : pembawa zat warna jingga/kuning
  3. Fikosianin : pembawa zat warna biru
  4. Fikioeritrin : pembawa zat warna merah
  5. Melanin : pembawa zat warna hitam
  6. Flkosantin : pembawa zat warna pirang

Demikian sedikit penjelasan tentang klorofil atau yang biasa disebut zat hijau (yang terdapat pada) daun. Semoga  bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: