Huubungan antar mahkluk hidup, berikut pengertian simbiosis mutualisme, parasitisme dan komensialisme

Simbiosis adalah hubungan khusus atau timbal balik antar makhluk hidup yang hidup bersama-sama. 
Makluk hidup adalah makluk yang membautuhakan makhluk lain dalam kehidupanya, adapun hubungan ( simbiosis) tersebut ada yang saling menguntungkan, merugikan dan diuntungkan sebagian.

Adapun macam-macam simbosis adalah:
a. simbiosis mutualisme
Simbosis mutualisme adalah hubungan yang saling menguntunggkan, hubungan dua jenis makhluk hidup yang saling mendapatkan keuntungan di anatara interaksi yang terjadi.
contoh hubungan antara burung jalak dan kerbau,
burung jalak diuntungkan dengan dapat makanan berupa kutu, sedangkan kerbau diuntungkan dengan dimakanya kutu pada kulitnya oleh burung jalak.
contoh lain adalah hubungan atara kupu kupu yang hingap di bunga dan membantu penyerbukan bunga, atau lebah dengan bunga, dimana lebah dan kupu kuou dapat nextar sementara bunga dapat bantuan proses penyerbukan.
seperti hubungan ikan badut dengan anemon laut, ikan badut mendapatkan tempat berlindung dari ikan-ikan predator, sedang anemon laut mendapatkan sirkulasi oksigen lebih banyak dari "tarian" ikan badut sehingga membantu pertumbuhan anemon laut.



b. simbiosis parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak, dan pihak yang lain di rugikan.
contoh dari hubungan ini adalah, hubungan benalu dan pohon inangnya, dimana benalu menyerap sari makanan dari pohon yang dihinggapi sehinga pohon tersebut akan mati
 atau kutu dengan binantang yang di ingapinya. dimana kutu menghisap darah dari hewan yang dihinggapi dan binatang yang dihinggapi akan mendapatkan penyakit, cacing pita pada manusia, dan lain-lain.

c. simbiosis komensialisme
Simbiosis komensialisme adalah hubungan timbal balik dari dua makhuk hidup dengan salah satu diuntungkan dan yang lain tidak dirugikan atau diuntungkan
contoh dari hubungan komensialisme adalah bunga angrek dengan pohon yang di hinggapi, dimana angrek dapat keuntungan untuk menempelkan akarnya, sementra pohon yang dihinggapi tidak ada kerugian atau keuntungan,
contoh lain adalah hubungan ikan ramora dengan ikan hiu, yang mana ikan ramora memakan sisa makanan ikan hiu.

Semoga penjelasan mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup atau disebut dengan simbiosis, dapat bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: