Fungsi telinga beserta bagian-bagian telinga | Cinta sains

Telinga memiliki reseptor khusus, sehingga ia mampu menyaring dan mengenali setiap bunyi yang datang melalui gendang telinga. Maka dari itu, manusia mampu mengenali bunyi dalam not balok dengan baik.

Meski begitu, batasan frekuensi suara yang dapat didengar hanya 20Hz-20.000Hz. Makanya sering terjadi orang tiba-tiba mengalami kerusakan pendengaran setelah mendengarkan bunyi yang sangat keras atau melebihi 20.000Hz

FUNGSI TELINGA
Fungsi telinga sebagai alat pengatur keseimbangan. Perlau Anda tahu telinga berperan dalam mengatur keseimbangan tubuh juga. Struktur pada pada telinga berhubungan dengan saraf otak ke VIII yang berfungsi menjaga kesimbangan dan untuk mendengar.
Fungsi telinga sebagai indera pendengaran. Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran, jika ada suara yang masuk yang kemudian diterima oleh otak.




Telinga terdidi atas 3 bagian, yaitu;
  1. Telinga bagian luar,
  2. Telinga bagian tengah 
  3. Telinga bagian dalam

1. Telinga bagian luar
Telinga bagian luar terdiri atas
  1. Daun telinga berfungsi untuk menangkap suara dari luar.
  2. Lubang telinga berfungsi sebagai sebagai jalan masuknya bunyi ke dalam telinga.
  3. Saluran telinga luar berfungsi  untuk meneruskan bunyi ke telinga bagian tengah
2. Telinga bagian Tengah
Secara umum fungsi telingah bagian tengah adalah untuk menerima suara yang ditangkap oleh telibgah bagian luar.
Telinga tengah terdiri atas;

  1. Gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran bunyi yang ditangkap oleh daun telinga.
  2. Tiga tulang pendengaran (martil, landasan, dan sanggurdi) berfungsi untuk memperkuat dan menghantar getaran bunyi ke saluran telinga yang lebih dalam.
  3. Saluran Eustachius berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara antara telinga luar dan telinga tengah agar gendang telinga tetap aman terutama jika ada suara keras. menghubungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan tenggorokan.

3. Telinga bagian Dalam
Telnga bagian dalam terdiri atas
  1. Tiga saluran setengah lingkaran: menjaga keseimbangan tubuh.
  2. Tingkap oval/jorong: untuk meneruskan getaran ke rumah siput.
  3. Tingkap bundar
  4. Rumah siput (koklea): mengubah getaran menjadi impuls dan meneruskannya ke otak. Dalam rumah siput terdapat ujung-ujung saraf pendengaran dan alat keseimbangan tubuh. Dalam rumah siput terdapat juga cairan dan rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menyampaikan getaran ke ujung-ujung saraf pendengaran.

Sekian ulasan materi tentang bagian-bagian telinga dan fungsinya. Selanjutnya adalah gangguan yang dapat terjadi pada telinga.

Kelainan dan penyakit yang terjadi pada telinga manusia;
a. Tuli
Tuli adalah kelainan pada telinga yang menyebabkan penderita tidak bisa mendengar.

Tuli dapat disebabkan berbagai hal diantaranya;
  • gendang telinga pecah
  • lubang telubga tersumbat
  • rusaknya saraf pendengaran
  • terjadi pengapuran pada tulang pendengaran
b. Congek
Congek atau biasa di sebut dengan otitis media. Congek adalah penyakit telinga yang disebabkan infeksi (oleh bakteri) pada bagian telinga tengah yang ditandai dengan keluarnya cairan berbau busuk dari dalam telinga.

c. Otosklerosis, yaitu tumbuhnya tulang pendengaran yang berlebihan yang berlebihan sehingga penghantaran suara terganggu.

Demikian sedikit penjelasan mengenai telinga dan bagian-bagian telinga serta fungsinya, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.


Subscribe to receive free email updates: