Pengertian kingdom protista berikut contoh | Cinta sains

Klasifikasi makhluk hidup menurut Whittaker dibagi menjadi 5 kelompok, diantaranya;
  1. Kingdom monera
  2. Kingdom protista
  3. Kingdom fungi (jamur)
  4. Kingdom plantae (tumbuhan)
  5. Kingdom animalia (hewan)
2. Kingdom protista
Perbedaan yang mendasar antara kelompok monera dengan kelompok protista adalah pada membran inti. Pada kelompok monera ( Baca penjelasan kelompok monera ) tidak memiliki membran inti sedangkan pada kelompok protista memiliki membran inti. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti. Merupakan ciri semua mahkluk hidup kecuali bakteri.

Pada kelompok protista ada yang bersel satu ada juga yang bersel banyak. Anggota kelompok protista memiliki sifat-sifat yang beragam. Ada yang memiliki sifat-sifat tumbuhan (berfotosinstesis, dapat membuat banyak) contoh alga. Ada juga kelompok protista memiliki sifat-sifat hewan (memakan hewan lain) contoh protozoa.

a. Alaga
b. Protozoa (amoeba)

Mahkluk hidup protista banyak yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Ada yang menguntungkan ada pula yang merugikan. Contoh jenis protista yang merugikan bagi manusia adalah Plasmodium, Plasmodium merupakan penyebab penyakit malaria. Seseorang yang terkena serangan Plasmodium sel-sel darahnya banyak yang hancur dan akan mengalami demam yang tinggi. Penyakit malaria ditularkan ke orang lain melalui nyamuk Anopheles.

Contoh lain dari jenis protista adalah fitopplankton, fitopplankton merupakan sumber makanan bagi ikan-ikan kecil di lautan. Selain itu fitopplankton merupakan sumber oksigen  dan produsen terbesar di lautan.

Demikian penjelasan mengenai kingdom protista berikut contohnya. Semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: