Pengertian bakteri definisi bakteri, cinta sains

Bakteri merupakan organisme yang paling sederhana dan merupakan bentuk kehidupan yang paling banyak di bumi ini. Salah satu contoh bakteri adalah Sino bakteri organisasi ini dianggap sebagai makhluk hidup tertua yang ditemukan di bumi.



Bakteri ditemukan di mana-mana di laut terdalam, di dalam tanah, makanan, wajah, usus, atau bahkan di dalam buku. Bakteri dapat menyebabkan beberapa penyakit, akan tetapi ada beberapa bakteri yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan hanya sedikit yang merugikan kita.

Bakteri merupakan organisme yang inti selnya bersifat prokariotik yang artinya organisme tersebut belum memiliki membran inti (kariotika). Inti sel organisme ini hanya berupa satu molekul ADN. Kebanyakan anggota kelompok Monera ini bersifat uniseluler dan mikroskopis.

PERANAN BAKTERI BAGI KEHIDUPAN.
Selain merugikan manusia, hewan, dan tumbuhan bakteri juga banyak yang menguntungkan bagi kehidupan.

Berbagai bakteri yang menguntungkan antara lain

  1. Bacillus thuringensis, sebagai agensia pengendali hayati bagi tanaman kubis, kapas, jagung, tembakau dan pemberantasan nyamuk vektor penyakit malaria dan demam berdarah.
  2. Agrobacterium tumefaciens, berfungsi untuk pembuatan tanaman transgenik, baik untuk tujuan resistensi terhadap hama dan penyakit, daya simpan produk maupun untuk peningkatan nutrisi.
  3. Rhizobium leguminosarum, hidup pada bintil-bintil akar tanaman leguminoceae dan mampu mengikat nitrogen bebas dari udara, sehingga dapat menyuburkan tanaman. Jenis lain yang mampu memfiksasi nitrogen adalah azotobacter.
  4. Bakteri nitrosococcus, nitrosomonas, dan nitrobacter berperan dalam menyuburkan tanaman.
  5. Lactobacillus bulgaricus berfungsi dalam pembuatan yoghurt.
  6. Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan Nata de Coco dari air kelapa.
  7. Bacillus brevis untuk menghasilkan antibiotik tirotrisin, bacillus polymyxa menghasilkan polymyxin, bacillus subtilis menghasilkan basitrasin.
  8. Methanobacterium berperan dalam pembuatan biogas sebagai bahan bakar.


  • Bakteri merupakan mikroorganisme uniseluler, inti sel tersusun atas DNA, prokariotik.
  • Organisme prokariotik ini secara fundamental dibedakan menjadi dua yaitu archaebacteria dan Eubacteria berdasarkan struktur RNA nya.
  • Archaebacteria meliputi metagenik, halofit ekstrim dan asidofilik.
  • Bentuk-bentuk bakteri ada 3 macam yaitu coccus, basil dan spirillum.
  • Cara memperoleh makanan bakteri ada yang autotrof (yang memiliki klorofil) dan ada yang heterotrof parasit maupun heterotrof saprofit.
  • Reproduksi bakteri secara vegetatif dengan pembelahan biner dan pertukaran materi genetika (para seksual) melalui transformasi, trans edukasi serta konjugasi.
  • Beberapa bakteri ada yang merugikan karena menyebabkan penyakit Namun ada banyak bakteri juga yang dapat menguntungkan bagi kehidupan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai bakteri yang ada di sekitar kita, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: