Sistem akuaponik sederhana, tanpa listrik

 Menyediakan swasembada pangan dalam skala rumah tangga dapat dilakukan dengan menerapkan sistem akuaponik. Akuaponik merupakan sistem dimana ikan dan tumbuhan tumbuh bersama dalam satu tempat atau wadah. Selain penerapan yang sederhana juga tidak terlalu memakan banyak biaya, tentunya Aquaponik dapat menjadi pertimbangan.

Dalam pembuatan akuaponik sederhana yang saya bahas kali ini, bahan yang diperlukan berupa; ember, gelas plastik bekas, kawat, arang kayu dan tisu tidak lupa bibit kangkung (sayur) dan bibit ikan.  

Langkah-langkah pembuatan akuaponik dalam ember, antara lain. Menyiapkan ember, gunakan ember yang besar, isi dengan air bersih, kemudian masukkan bibit ikan secukupnya.

Siapkan gelas plastik, buat lubang kecil-kecil dibagian bawah dan samping gelas, kemuduan isi gelas dengan arang kayu yang telah disiapkan, beri gantungan dari kawat kemudian gantung gelas pada bagian pinggir ember.

Letakan tisu di atas gelas yang telah diisi dengan arang, taruh bibit tumbuhan di atas kertas tisu, siram secara berkala dan jaga kelembabanya. 

Jangan lupa untuk mengganti air secara berkala jika air dirasa sudah mulai keruh. Berikut ini foto-foto aquaponik sederhana yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.






Sistem Aquaponik tergolong hemat biaya karena kita tidak perlu lagi memberi pupuk pada tanaman yang di tanam di  atas kolam ikan atau ember yang berisi ikan-ikan, jadi tanaman dapat mengambil makanan dari sisa-sisa kotoran ikan. Semoga sedikit penjelasan mengenai aquaponik dengan sistem yang sederhana dapat bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: