Bagaimana Gunung Es Bisa Terbentuk?

Masih ingat dengan peristiwa tenggelamnya kapal Titatic yang menjadi legenda dan diangkat ke dalam sebuah film?. Kapal penumpang milik Inggris tersebut karam pada pelayaran pertamanya karena menabrak gunung es pada tahun 1912. Pertanyaannya, kenapa ada gunung es di laut?, bagaimana gunung es bisa terbentuk dan mengapung di laut?.


Terbentuknya gunung es

Di kutub utara dan selatan, suhu teramat dingin. Salju yang tertimbun menjadi es yang membeku. Bongkah-bongkah es pecah dan terlepas dari pinggiran lembaran es (Getsler). Bongkah es tersebut kemudian hanyut dan mengapung di laut sebagai gunung es.

Gunung es jauh lebih besar dari yang kelihatan. Enam per tujuh bagiannya tidak terlihat karena berada di bawah permukaan laut. Ukuran gunung bermacam-macam, dari mulai sebesar Piano hingga sebesar gedung pencakar langit.


Ukuran gunung es yang ada di samudra Antartik di selatan umumnya lebih besar dari gunung es yang berada di samudra Artik di utara. Sebuah gunung es yang besar diperkirakan memerlukan waktu hingga 10 tahun untuk mencair seluruhnya. Menurut para ilmuwan, beberapa gunung es tersebut ada yang umurnya telah mencapai 5000 tahun.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Inilah Sebab Kenapa Air Laut Terasa Asin !

Demikian artikel tentang bagaimana gunung es bisa terbentuk?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: