5 Hal yang Membedakan Ngengat dari Kupu-kupu

Ngengat dan Kupu-kupu adalah dua serangga bersayap yang sangat mirip. Kemiripan ini membuat banyak dari kita yang menyebut Ngengat sebagai Kupu-kupu. Lalu apa sih yang bisa dijadikan dasar untuk membedakan Ngengat dari Kupu-kupu?. Di artikel ini, Cinta Sains akan menguraikan 5 hal yang membedakan Ngengat dari Kupu-kupu. Selamat membaca.


Berikut adalah 5 hal yang dapat membedakan Ngengat dari Kupu-kupu :

1. Bentuk antena
Bulu pada antena atau sungut Ngengat lebih banyak daripada yang ditemukan pada antena Kupu-kupu. Pada bagian ujung antena Kupu-kupu terdapat sebuah bulatan, sementara ujung antena pada Ngengat tidak ditemukan adanya bulatan.

2. Bentuk sayap
Sayap Kupu-kupu lebih terang dan berwarna-warni, sedangkan Sayap Ngengat cenderung berwarna gelap dan kusam. 


3. Perilaku
Umumnya Ngengat melakukan aktivitas hidupnya di malam hari, sementara Kupu-kupu lebih banyak beraktivitas di siang hari. Hal lain dari perilaku yang membedakan kedua serangga ini adalah posisi sayap mereka saat hinggap atau istirahat. Kupu-kupu cenderung melipat sayapnya secara vertikal saat hinggap, sedangkan Ngengat membuka lebar sayapnya saat hinggap.


4. Kepompong
Umumnya Ngengat membuat kepompong yang terbuat dari sutera, sedangkan Kupu-kupu memiliki kepompong yang lebih halus, rumit, dan tidak memiliki penutup sutera.

5. Sub-ordo
Perbedaan yang kelima ini tak bisa dilihat secara fisik, namun kita akan menjumpainya saat kita mempelajari klasifikasi hewan yang telah dibuat oleh para ahli Sains. Kupu-kupu berasal dari sub-ordo Rhopalocera, sedangkan Ngengat merupakan serangga dari sub-ordo Heterocera.


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : 5 Fakta Unik Tentang Belalang Sembah atau Walang Kekek

Demikian artikel tentang 5 hal yang membedakan Ngengat dari Kupu-kupu. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: