Pengertian, macam-macam mikroskop dan penggunaannya, bagia-bagian Mikroskop cahaya , | Cinta sains

Pengertian Mikroskop
Mikroskop adalah sebuah alat Bantu untuk melihat objek yang ukuranya terlalu kecil agar terlihat secara kasat mata.
Mikroskopi adalah ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini.

Macam-macam Mikroskop

Berdasarkan lensa yang digunakan dan sumber cahaya, Mikroskop dibedakan menjadi dua, diantaranya Mikroskop cahaya dan Mikroskop elektron

a. Mikroskop cahaya

Mikroskop cahaya ini menggunakan lensa dari kaca untuk memperbesar penampilan objek atau benda. Mikroskop ini memiliki tiga lensa yaitu lensa objektif, lensa okuler dan kondensor. lensa kondensor berperan untuk menerangi objek dan yang lainnya. Sumber cahaya mikroskop ini berasal dari cahaya matahari atau cahaya lampu. Mikroskop cahaya mampu memperbesar bayangan objek sampai 1000 kali Ukuran aslinya.


Gambar Mikroskop cahaya

b. Mikroskop elektron
Mikroskop elektron mampu memperbesar bayangan objek hingga ratusan ribu kali dari ukuran objek yang sebenarnya. Mikroskop elektron tidak membutuhkan cahaya untuk mendapatkan bayangan suatu objek, akan tetapi menggunakan berkas elektron.

Bagian-bagian Mikroskop cahaya
a. Lensa objektif
Lensa objektif adalah lensa yang terletak dengan dengan objek yang akan diamati. Lensa objektif dapat memperbesar bayangan hingga 10 sampai 100x dari ukuran sebenarnya, tergantung dari jenis mikroskopnya.

b. Lensa okuler

Adalah lensa yang terletak di bagian atas mikroskop. Pada saat kita melihat objek mata kita menempel pada lensa okuler.
Lensa okuler dapat memperbesar bayangan hingga 5 sampai 10x, bergantung jenis mikroskopnya.

Misalnya kita mengamati suatu objek menggunakan lensa objektif maka bayangan yang dihasilkan akan mengalami pembesaran 10x, kemudian bayangan tersebut akan mengalami pembesaran lagi melalui lensa okuler 5x, sehingga objek mengalami pembesaran 50x.


C. Cermin

Dalam penggunaannya mikroskop cahaya menggunakan sumber cahaya baik dari lampu ataupun dari matahari. Bagi mikroskop yang tidak menggunakan cahaya lampu, fungsi cermin disini untuk memantulkan cahaya matahari.

Pada beberapa mikroskop cahaya yang cukup baik menggunakan dua cermin yaitu cermin datar dan cermin cekung. Cermin datar digunakan ketika cahaya di ruangan terang ( cukup ), cermin cekung digunakan ketika cahaya di ruangan redup (kurang). 


d. Kondensor dan diafragma
Ada beberapa mikroskop terdapat kondensor dan diafragma yang berfungsi untuk mengatur kekuatan cahaya dengan mengatur kondensor dan diafragma akan dapat melihat objek yang lebih baik.

e. Revolver

Revolver adalah bagian yang dapat digerakkan, berguna untuk memilih lensa objektif yang akan digunakan. Pada revolver melekat beberapa lensa objektif.

f. Tubus

Tubus merupakan bagian yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif.

g. Meja objek dan penjepit objek
Meja objek berguna untuk menyimpan objek yang akan diamati, pada meja objek terdapat penjepit untuk menjepit objek yang akan diamati. Pada beberapa mikroskop, meja objek ada yang dapat digerakkan atau tidak, tergantung pada mikroskop masing-masing.

h. Lengan
Lengan mikroskop berguna untuk memegang dan memindahkan mikroskop. Selain itu lengan mikroskop berguna untuk menyangga lensa.

i. Makrometer
Makrometer berfungsi untuk menaikan dan menurunkan tubus. Kita dapat mengatur jarak antara lensa objektif dengan objek, agar kita dapat melihat objek dengan lebih jelas.

j. Mikrometer
Mikrometerb berguna untuk mengatur tubus  yang bertujuan untuk melihat objek dengan lebih fokus.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Mikroskop, macam-macam mikroskop beserta bagian-bagian mikroskop cahaya. Semoga bermanfaat.

Baca juga
Cara menggunakan mikroskop cahaya
Pengertian golongan darah manusia
Fungsi butiran-butiran darah

Subscribe to receive free email updates: