Pengertian Satelit Alami dan Satelit Buatan Serta Contohnya

Di ruang angkasa ada dua jenis satelit, yaitu satelit alami dan satelit buatan. Keduanya sama-sama mengorbit atau beredar mengelilingi planet, namun ada hal mendasar yang membedakan keduanya. Di artikel ini Cinta Sains akan membahas mengenai pengertian satelit alami dan satelit buatan serta contohnya. Selamat membaca.


Pengertian satelit alami

Satelit alami adalah benda langit yang sudah ada dalam tata surya, bukan buatan manusia dan mengorbit sebuah planet atau benda langit lain yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Contoh satelit alami : Bulan yang merupakan satelit alami bagi planet Bumi. Satelit alami seperti bulan tidak memiliki sumber cahaya sendiri.


Satelit buatan adalah benda buatan manusia dengan fungsi khusus yang diluncurkan ke luar angkasa dan mengorbit sebuah planet sebagaimana satelit alami. Contoh satelit buatan : 
Satelit Palapa milik Indonesia yang mengorbit bumi untuk kepentingan telekomunikasi. Satelit Palapa A-1 diluncurkan pada 9 Juli 1976.
Satelit buatan manusia yang pertama kali diluncurkan ke luar angkasa adalah Sputnik 1 milik Rusia. Satelit ini berhasil diluncurkan ke luar angkasa pada tanggal 4 Oktober 1957.


Demikian artikel tentang pengertian satelit alami dan satelit buatan serta contohnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: