Pengertian panas dan pengaruhnya terhadap suatu benda | Cinta Sains

Pengertian dari panas adalah salah satu bentuk energi. Satuan panas adalah derajat. Energi panas disebut kalor sedangkan satuan kalor adalah kalori.

Satu kalori = 4,2 joule

Segala sesuatu yang dapat menimbulkan panas disebut sumber panas contoh sumber panas adalah matahari, api, listrik, reaksi kimia, reaktor nuklir, dan gesekan antara benda satu dengan benda yang lainnya.



Pengaruh panas/kalor terhadap suatu benda
Jika suatu benda melepaskan kalor pada benda lain maka kalor yang diterima benda tersebut sama dengan kalor yang dilepaskan.
Pernyataan ini dikenal dengan Azas Black (kalor yang dilepaskan = kalor yang diterima).

Panas atau kalor dapat mempengaruhi benda - benda disekitarnya. Ada dua macam perubahan yang dapat ditimbulkan oleh panas atau kalor yaitu:
  1. Perubahan tetap adalah perubahan yang mengakibatkan perubahan perubahan bentuk suatu benda yang tidak dapat berubah lagi atau bersifat permanen contoh kertas atau kayu yang terbakar akan menjadi abu Perubahan tersebut adalah contoh dari perubahan tetap
  2. Perubahan sementara adalah perubahan yang bersifat sementara tergantung dari besar kalor yang diterima dan akan kembali kepada bentuk semula contoh perubahan kawat yang dipanaskan akan menjadi lebih panjang dan akan kembali seperti bentuk semula jika suhunya telah menjadi normal.

Sahabat cinta sains baca juga





Subscribe to receive free email updates: