Apakah Ikan Hiu berkembang biak dengan cara Ovipar, Vivipar, atau Ovovivipar?

Siapa yang tak kenal ikan yang satu ini?, predator di laut yang sanggup melesat dengan cepat menyergap korbannya. Ya, ikan Hiu, telah lama menjadi perbincangan karena adanya beberapa pemberitaan dimana ada warga yang diserang ikan ini saat tengah berada di tepi pantai saat berlibur.


Predator laut yang satu ini sudah tentu ditakuti banyak orang, namun tau kah Anda tentang cara berkembang biak ikan Hiu atau cara reproduksi ikan Hiu?. Tidak seperti kebanyakan ikan yang bertulang, telur ikan Hiu biasanya dibuahi di dalam tubuh betina. Hiu jantan memiliki "Claspers", yaitu ekstensi atau perpanjangan dari sirip perut ikan Hiu yang berperan seperti penis dan digunakan untuk mentransfer sperma ke betina dan membuahi telurnya.

Kebanyakan ikan Hiu berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar, namun ada juga beberapa jenis ikan Hiu yang melakukan reproduksi dengan cara melahirkan atau Vivipar. Selain itu ada juga ikan Hiu yang berkembang biak dengan cara Ovovivipar. Dalam hal ini telur dibuahi di dalam tubuh ikan Hiu betina hingga menetas dan dilahirkan.

Masa kehamilan pada seekor ikan Hiu betina bisa mencapai dua tahun, waktu yang lama untuk sebuah kehamilan bukan?.

Bayi ikan Hiu dilahirkan dengan satu set gigi yang lengkap dan telah siap sepenuhnya untuk mengurus dirinya sendiri. Mereka dapat dengan cepat belajar berenang dan akan segera pergi menjauh, bahkan dari induk mereka yang mungkin akan memakan mereka. 


Hiu Putih Besar termasuk ikan Hiu yang memiliki anak paling sedikit. Ia hanya melahirkan 1 hingga 2 anak saja sekali melahirkan. Berbeda halnya dengan ikan Hiu Biru dan ikan Hiu Paus yang bisa melahirkan 100 anak dalam sekali melahirkan.

Demikian artikel tentang apakah ikan Hiu berkembang biak dengan cara Ovipar, Vivipar, atau Ovovivipar?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: