Apakah Tumbuhan Juga Tidur di Malam Hari?

Semua manusia dan hewan membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan cara tidur. Lalu bagaimana dengan tumbuhan, apakah tumbuhan juga beristirahat dengan cara tidur?, apakah tumbuhan juga tidur di malam hari?. Sahabat CintaSains akan menemukan jawabannya di artikel ini. Selamat membaca.

Tidak seperti Manusia dan Hewan yang melakukan berbagai aktivitas dengan banyak gerakan, tumbuhan hanya melakukan sedikit saja gerakan. Selain itu, tumbuhan juga tidak memiliki otak seperti layaknya manusia dan hewan. Hal inilah yang membuat tumbuhan tidak begitu membutuhkan istirahat termasuk tidur. Jadi, tumbuhan sama sekali tidak pernah tidur.


Adapun perubahan yang ditampakkan beberapa tumbuhan, misalanya Lamtoro dan Turi yang mengatupkan daunnya seolah-olah mereka tengah tidur saat hari telah malam, hal itu bukan menunjukkan bahwa tumbuhan tersebut sedang tidur, tapi merupakan reaksi mereka terhadap gelap yang disebut sebagai Niktinasti atau gerak yang terjadi pada tumbuhan karena pengaruh gelap.

Saat cahaya Matahari telah hilang dan berganti malam yang gelap serta suhu udara juga menurun, semua tumbuhan dari famili Leguminoceae seperti Lamtoro dan Turi akan mengatupkan daun-daunnya. Saat  pagi menjelang dan Matahari telah terbit, lingkungan mereka akan kembali terang dan hangat, daun mereka pun akan kembali terbuka.

Sahabat CintaSains juga bisa membaca artikel : Definisi Gerak Nasti Pada Tumbuhan

Demikian artikel tentang apakah tumbuhan juga tidur di malam hari?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: