Definisi Gerak Nasti Pada Tumbuhan

Selain gerak Taksis pada tumbuhan yang sangat dipengaruhi olah rangsangan, pada tumbuhan tertentu juga ada yang memiliki kemampuan gerak Nasti. Apa definisi gerak Nasti dan jenis-jenisnya?. Kita akan membahasnya di artikel ini. Selamat membaca. 

Definisi gerak Nasti

Gerak Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya ditentukan sendiri atau tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan.  

Jenis gerak Nasti dibagi menjadi :

1. Seismonasti 
Gerak Nasti yang disebabkan oleh rangsang mekanisme berupa sentuhan atau tekanan. Seismonasti juga dikenal dengan sebutan Tigmonosti. Contoh : Tanaman Putri Malu akan mengatupkan daunnya saat kita sentuh.

2. Termonasti
Gerak Nasti pada tumbuhan yang disebabkan karena adanya perubahan suhu. Terjadi pada suhu optimum dan minimum. Contoh : terbuka atau mekarnya bunga Tulip di musim semi yang hangat.

3. Fotonasti
Gerak Nasti karena pengaruh rangsang cahaya. Contoh : mekarnya bunga Sepatu saat ada cahaya Matahari.

4. Niktinasti
Gerak Nasti yang disebabkan oleh suasana gelap. Istilah niktinasti berasal dari bahasa Yunani, nux yang berarti malam (yang gelap). Umumnya, daun-daun tumbuhan polong-polongan (Leguminosaceae) akan menutup atau mengatupkan daun-daunnya pada waktu malam. Daun-daun tersebut akan membuka kembali pada pagi hari. Selain disebabkan oleh suasana gelap, gerak seolah-olah tidur daun-daun tersebut dapat terjadi akibat perubahan tekanan turgor di dalam persendian daun. Contoh : mengatupnya daun pohon Lamtoro dan daun Pohon Turi pada malam hari. 


5. Nasti Kompleks
Gerak Nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus yang saling terikat atau berhubungan. Contoh : gerak membuka dan menutupnya Stomata atau mulut daun.


Sahabat CintaSains juga bisa membaca artikel : Definisi Gerak Taksis Pada Tumbuhan dan Contohnya

Demikian artikel tentang definisi gerak Nasti pada tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: