Definisi Gerak Tropisme Pada Tumbuhan dan Contohnya

Selain gerak Taksis dan Nasti, kita juga mengenal adanya gerak Tropisme pada tumbuhan. Apa definisi dari gerak Tropisme dan seperti apa contoh dari gerak Tropisme pada tumbuhan, akan kita bahas secara lengkap di artikel ini. Selamat membaca untuk sahabat CintaSains.

Definisi gerak Tropisme

Tropisme adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan yang arahnya ditentukan oleh asal rangsang. Rangsang dari luar yang mempengaruhi gerak tumbuhan misalnya cahaya, gravitasi, air atau kelembaban dan sentuhan atau singgungan. Berdasarkan jenis rangsangan tersebut, Tropisme dibedakan menjadi Fototropisme, Geotropisme, Hidrotropisme, dan Tigmotropisme.

1. Fototropisme
Gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya cahaya. Apabila gerak tumbuhan tersebut menuju kearah cahaya, berarti tumbuhan tersebut melakukan gerak Fototropisme positif. Apabila gerakan tumbuhan ini menjauhi arah cahaya, maka disebut Fototropisme negatif. 
Contoh Fototropisme positif : ujung tunas tanaman biji-bijian yang bergerak ke arah datangnya sinar Matahari.

2. Geotropisme
Gerakan bagian tumbuhan yang dipengaruh adanya gravitasi (gaya tarik) bumi. Apabila arah pertumbuhan tersebut ke atas, maka termasuk Geotropisme negatif. Akan tetapi, apabila arah pertumbuhan menuju ke bawah berarti termasuk gerak Geotropisme positif. 
Contoh Geotropisme positif : pertumbuhan akar yang selalu menuju ke bawah atau ke dalam tanah.


3. Hidrotropisme
Gerak bagian tumbuhan yang dipengaruhi oleh adanya air. Arah pertumbuhan menuju tempat yang berair disebut gerak Hidrotropisme positif. Apabila arah pertumbuhan tanaman menjauhi tempat yang berair disebut gerakan Hidrotropisme negatif. 
Contoh Hidrotropisme positif : arah pertumbuhan ujung akar di dalam tanah yang selalu menuju ke tempat yang mengandung air.

4. Tigmotropisme
Gerak bagian tumbuhan yang terjadi akibat adanya sentuhan atau persinggungan. 
Conto Tigmotropisme : sulur batang Mentimun atau batang tanaman Sirih yang membelit tanaman lain.


Demikian artikel tentang definisi gerak Tropisme pada tumbuhan dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: