Definisi Kembang Biak Generatif dan Vegetatif Pada Tumbuhan

Setiap makhluk hidup memiliki caranya sendiri dalam berkembang biak, begitu juga hal nya dengan tumbuhan. Untuk berkembang biak, tumbuhan memiliki kemampuan kembang biak dengan sistem atau cara Generatif dan Vegetatif. Dua sistem atau cara berkembang biak ini merupakan hal luar biasa yang dialami tumbuhan dalam mempertahankan populasi nya.

Apa definisi dari kembang biak Generatif  dan Vegetatif?

Kembang biak Generatif

Kembang biak Generatif adalah cara tumbuhan melakukan reproduksi atau berkembang biak melalui proses perkawinan atau seksual. Perkawinan pada tumbuhan terjadi melalui penyerbukan dimana serbuk sari yang merupakan sel kelamin jantan bertemu kepada putik yang merupakan sel kelamin betina. Serbuk sari pada tumbuhan merupakan modifikasi dari sel sperma yang dapat melakukan pembuahan atau fertilisasi.

Untuk dapat melakukan kembang biak Generatif, tumbuhan membutuhan bantuan hewan (misalnya lebah, burung dan lain-lain), angin, air dan manusia. 


Kembang biak Vegetatif

Kembang biak Vegetatif adalah cara tumbuhan melakukan reproduksi atau berkembang biak tanpa melalui proses perkawinan atau aseksual. Kembang biak Vegetatif bisa terjadi secara alami dan dengan bantuan manusia. Kembang biak Vegetatif yang terjadi secara alami disebut sebagai Vegetatif alami, sedangkan kembang biak Vegetatif yang terjadi dengan bantuan manusia disebut sebagai Vegetatif buatan.

Salah satu contoh dari kembang biak Vegetatif alami adalah Tunas. Tumbuhan atau tanaman yang memiliki kemampuan kembang biak Vegetatif alami dengan Tunas misalnya pohon pisang dan pohon bambu.
Sedangkan contoh dari kembang biak Vegetatif buatan adalah Sistem atau cara Stek. Contoh penerapan kembang biak Vegetatif buatan dengan cara Stek misalnya pada tanaman Cocor Bebek yang menggunakan sistem Stek Daun dan tanaman Singkong yang menggunakan sistem Stek batang.


Demikian artikel tentang definisi kembang biak Genaratif dan Vegetatif pada tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: