Definisi Stek dan Contoh Tumbuhan yang Bisa Dikembangbiakkan dengan Sistem Stek

Salah satu cara untuk memperbanyak atau mengembangbiakkan tumbuhan atau tanaman adalah dengan cara atau sistem Stek. Cara ini telah lama digunakan masyarakat kita dalam mengembangbiakkan tanaman karena lebih mudah, sederhana dan cepat dalam menghasilkan tanaman baru yang diinginkan.

Apa definisi stek?

Stek adalah cara pengembangbiakkan tanaman secara vegetatif buatan dengan menggunakan sebagian akar, batang, atau daun tanaman untuk ditumbuhkan menjadi tanaman baru.

Sistem Stek bisa dilakukan dengan cara :

1. Stek Batang
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan sebagian batang tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru. Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek batang misalnya Singkong, Tebu dan bunga Mawar, melati, dan jeruk.

2. Stek Akar atau Umbi
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan umbi tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru. Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek umbi misalnya Kentang dan Bawang.

3. Stek Daun
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan daun tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru, Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek daun misalnya Cocor Bebek, Sri Rejeki dan Lidah Buaya.

Deimikian artikel tentang definisi Stek dan contoh tumbuhan atau tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek.

Pengertian Kingdom plantae

Subscribe to receive free email updates: