Tahapan-tahapan atau Fase Terbentuknya Sebuah Bintang

Bintang adalah benda langit yang tampak indah saat dilihat pada malam hari dari Bumi. Namun sebenarnya Bintang merupakan sekumpulan besar gas panas yang terdiri dari hidrogen dan helium, yang secara perlahan didekatkan oleh gaya Gravitasi.  Lalu bagaimana sebenarnya sebuah Bintang bisa terbentuk?, bagaimana tahapan-tahapan atau fase terbentuknya sebuah bintang?. 


Bintang-bintang sebenarnya sangat panas karena mereka terus menerus membakar gas yang ada di dalamnya sebagai bahan bakar untuk menghasilkan cahaya. Setelah bertahun-tahun, semua bahan bakar itu akan habis terbakar dan Bintang pun mati.

Berikut adalah tahapan-tahapan atau fase terbentuknya sebuah Bintang :

1. Pada perkembangan awalnya, Bintang disebut sebagai Protostar. Pada tahap ini Bintang belum terbakar atau menghasilkan cahaya apapun, namun secara perlahan bertambah berat dalam bentuk kumpulan debu dan berbagai jenis gas.

2. Apabila sebuah Bintang telah mengumpulkan materi atau bahan bakar yang cukup, Bintang akan mulai terbakar dan menghasilkan cahaya. Namun demikian, tidak semua Bintang dapat mencapai tahapan ini, ada banyak Bintang yang tetap menjadi noda hitam yang terdiri dari debu dan gas tanpa pernah bisa terbakar dan menghasilkan cahaya. Bintang-bintang yang gagal mencapai tahapan atau fase ini disebut sebagai Kurcaci Cokelat.

3. Semakin tua, Bintang akan menjadi semakin besar. Namun cahayanya secara perlahan akan memudar dan akhirnya mati. Sebagai Bintang, Raksasa Biru adalah Bintang yang paling terang dan paling panas. Bintang ini terbakar paling cepat dan hanya dapat bertahan selama beberapa juta tahun. Sebuah Raksasa Merah tenaganya lebih sedikit dan cahayanya tidak begitu terang, namun mampu bertahan selama miliaran tahun karena menghabiskan bahan bakarnya lebih lambat dari Raksasa Biru. Matahari adalah jenis bintang yang sedang berada di pertengahan siklus hidupnya, disebut sebagai Raksasa Kuning.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Orang Pertama yang Mencetuskan Teori Matahari Sebagai Pusat Tata Surya

Demikian artikel tentang tahapan-tahapan atau fase terbentuknya sebuah Bintang. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: