Burung Gagak, Burung Paling Cerdas Diantara Semua Burung

Burung Gagak memiliki warna bulu dominan hitam, bahkan pada jenis (Species) tertentu paruh dan kakinya juga berwarna hitam. Hal ini menyebabkan burung Gagak sering dikaitan dengan hal-hal negatif dan berbau mistis.


Di berbagai kebudayaan, burung Gagak sering dianggap sebagai pembawa berita buruk sekaligus sebagai hewan peliharaan nenek sihir. Suaranya yang keras dan parau sering dianggap menakutkan bagi banyak orang.

Namun, tahukah sahabat Cinta Sains bahwa burung Gagak sebenarnya merupakan burung dengan tingkat kecerdasan tertinggi diantara semua burung?.

Kecerdasan burung Gagak telah terbukti secara ilmiah. Maurice Burton dan Robert Burton pada tahun 2002 mempublikasikan hasil penelitian mereka yang berjudul "Crow" dalam The International Wildlife Encyclopedia, Volume 10. Penelitian tersebut menyatakan bahwa burung Gagak mempunyai tingkat kecerdasan tertinggi diantara semua burung. 


Penelitian serupa juga dilakukan oleh Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Vermont University (Kanada) dan St Andrews University  (Skotlandia) yang dipublikasikan oleh Majalah American Scientific. Burung Gagak dinyatakan mampu menggunakan logika mereka untuk memecahkan masalah, bahkan beberapa kemampuan burung Gagak melampaui kemampuan yang dimiliki oleh Kera besar yang dianggap cerdas.

Berikut adalah beberapa bukti kecerdasan burung Gagak yang diuji lewat berbagai studi :

1. Burung Gagak sukses mengambil makanan di dalam tabung menggunakan semacam kawat seperti kail.

2. Burung Gagak dihadapkan pada makanan yang mengapung di atas air dalam tabung panjang, ternyata ia mampu menjatuhkan kerikil-kerikil kecil dalam tabung yang membuat ketinggian air dalam tabung meningkat. Akhirnya ia dapat mencapai makanan tersebut dengan paruhnya.

3. Empat ekor burung Gagak mampu bekerja sama dan melakukan strategi untuk menjebak dan menangkap mangsa dengan sangat baik. Dimana dua dari mereka akan terbang rendah untuk memblokir rute melarikan diri mangsa, sementara yang lain menyerang mangsa dari belakang.

4. Burung Gagak mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan yang sangat ekstrim, seperti dari lingkungan padang pasir ke lingkungan pegunungan.

Thomas Bugnyar, seorang ahli biologi di Universitas Wina (Austria) menyatakan bahwa burung Gagak memiliki kemampuan kognitif setara dengan anak manusia berusia 2 tahun.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Tentang Burung Bangau dan Cara Burung Bangau Berkembang Biak

Demikian artikel tentang burung Gagak, burung paling cerdas diantara semua burung. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: