Gympie-gympie, Tanaman Paling Mematikan yang Hidup di Hutan Maluku

Siapa sangka bahwa ternyata ada jenis (Species) tanaman yang sangat mematikan tumbuh di hutan Maluku Indoneisa. Gympie-gympie, sebuah tanaman yang dapat tumbuh hingga sepanjang 2 meter ini dipenuhi dengan bulu-bulu halus berwarna putih yang merupakan bisa beracun.

Bentuk fisik tanaman Gympie-gympie seperti tanaman hias dengan daunnya yang berbentuk hati. Terdapat bulu-bulu halus pada batang, daun dan bunganya yang berwarna ungu. Bulu-bulu halus inilah yang kemudian digunakan Gympie-gympie untuk melepaskan racun mematikan bernama Moroidin.


Saat menyentuh kulit, bulu halus tanaman ini akan menembus kulit dan menyuntikkan racun Moroidin. Racun ini dapat menyebabkan rasa sakit yang dikatakan takkan hilang hingga 1 tahun jika bulu halus tersebut tak ditarik keluar.

Hebatnya lagi, racun yang terdapat pada bulu-bulu halus tanaman Gympie-gympie akan tetap aktif meski tanaman tersebut telah layu dan kering.

Para peneliti harus menggunakan sarung tangan dan masker untuk meneliti tanaman ini. Bulu halus Gympie-gympie yang terbawa angin lalu terhirup manusia dapat menyebabkan mimisan parah.

Kita juga harus berhati-hati saat berada di dekat tanaman ini. Bulu halusnya yang rontok dan tertiup angin di sekitar kita dapat menyebabkan rasa gatal dan ruam yang hebat. Bulu-bulu halus yang mengandung racun Moroidin ini juga mampu membunuh binatang besar seperti Anjing dan Kuda.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Tentang Bunga Rafflesia Arnoldi dan Alasan Kenapa Bunga Rafflesia Arnoldi Mengeluarkan Bau Busuk

Demikian artikel tentang Gympie-gympie, tanaman paling mematikan yang hidup di hutan Maluku. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: