Definisi atau Pengertian Makhluk Hidup Nokturnal dan Diurnal Beserta Contohnya

Kebiasaan beraktivitas makhluk hidup ternyata berbeda-beda. Ada yang lebih menyukai saat malam yang gelap untuk beraktivitas dan ada yang lebih menyukai siang hari untuk beraktivitas. Perbedaan ini kemudian membuat para ahli membedakan jenis makhluk hidup berdasarkan kebiasaannya melakukan aktivitas, diantaranya adalah makhluk hidup Nokturnal dan Diurnal.

Definisi atau pengertian makhluk hidup Nokturnal 

Makhluk hidup Nokturnal adalah makhluk hidup yang menjalankan aktivitas hidupnya pada malam hari dan menggunakan siang hari sebagai waktu untuk tidur atau beristirahat. Contoh makhluk hidup Nokturnal, misalnya Tikus, Kunang-kunang, Anjing Tanah, Kelelawar dan Burung Hantu.


Makhluk hidup Nokturnal biasanya dibekali denga indra pengelihatan, penciuman dan pendengaran yang sangat tajam. Hal ini misalnya terjadi pada Kelelawar dimana ia bisa terbang dengan cepat tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya meskipun dalam suasana malam yang sangat gelap.

Definisi atau pengertian makhluk hidup Diurnal

Makhluk hidup Diurnal adalah makhluk hidup yang menjalankan aktivitas hidupnya pada siang hari dan menggunakan malam hari sebagai waktu untuk tidur atau beristirahat. Contoh makhluk hidup Diurnal, misalnya Manusia, Sapi, Kambing, Kijang dan Lebah.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : 5 Fakta Unik Tentang Belalang Sembah atau Walang Kekek

Demikian artikel tentang definisi atau pengertian makhluk hidup Nokturnal dan Diurnal beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: