5 Satelit Alami Terbesar di Tata Surya

Selain terdapat bintang dan planet, di ruang angkasa juga terdapat benda langit yang disebut sebagai satelit. Diantara banyak satelit yang berputar mengelilingi 9 planet di tata surya kita, ada 5 yang terbesar ukurannya. Apa saja kelima satelit tersebut?.


Berikut adalah 5 buah satelit alami dengan ukuran terbesar di tata surya :

1. Ganymede
Merupakan satelit alami planet Jupiter dengan luas permukaan 87,0 juta kilometer. Satelit ini ditemukan oleh Galileo Galilei pada 7 Januari 1610. Satelit Ganymede tersusun atas batu silikat dan es cair. 

2. Titan
Merupakan satelit alami planet Saturnus yang ditemukan oleh astronom Belanda bernama Christian Huygens pada 25 Maret 1955. Materi utama Titan adalah es air dan materi berbatu. Satelit ini bisa kita lihat dari bumi menggunakan teleskop.

3. Callisto
Merupakan satelit alami planet Jupiter yang ditemukan pada tahun yang sama dengan satelit Ganymede oleh Galileo Galilei.

4. Lo
Sama seperti satelit Ganymede dan Castillo, satelit Lo juga merupakan satelit planet Jupiter. Satelit Lo dikatakan istimewa karena mempunyai 400 gunung api aktif.

5. Bulan
Satelit alami planet Bumi yang bisa kita lihat dengan mata telanjang. Bulan merupakan satelit urutan kelima terbesar di tata surya.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca : Kenapa Ada Bulan di Siang Hari?

Demikian artikel tentang 5 satelit alami terbesar di tata surya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: