Kenapa Dasar Sungai Penuh Batu?

Jika kita sering bermain-main di sungai, terutama sungai yang dekat dengan daerah pegunungan yang berair jernih, maka kita akan melihat banyak sekali batu di dasar sungai. Tentu kita bertanya-tanya, dari mana asal batu-batu tersebut. Di artikel ini Cinta Sains akan membahas mengenai kenapa dasar sungai dipenuhi dengan batu?. Selamat membaca.


Asal batu yang ada di sungai

Batu-batu yang ada di sungai sebenarnya berasal dari batuan yang ada di pegunungan, berikut adalah proses bagaimana batu-batu tersebut bisa sampai di dasar sungai :
  • Di daerah hulu sungai pegunungan, air mengalir sangat deras karena tertarik oleh gaya gravitasi. Batuan yang runtuh dari pegunungan terpecah saat kekuatan air menghanyutkan batu-batu tersebut di sepanjang dasar sungai.
  • Semakin jauh hanyut oleh air, batu-batu tersebut sedikit demi sedikit menjadi lebih kecil dan bundar karena terkikis. Air sungai meninggalkan batu-batu besar, sementara batu-batu kecil terus hanyut.
  • Di daerah yang lebih datar, air sungai mengalir lebih lambat. Arus air menjadi lemah sehingga batu-batu kecil tertinggal. Sementara kerikil dan pasir masih terus hanyut hingga ke pantai.
Sampai di sini sahabat Cinta Sains sudah mulai memahami kenapa terdapat banyak batu di dasar sungai kan?.

Pasir yang terus hanyut hingga ke pantai, membuat pinggir pantai dipenuhi dengan pasir. Sebagian pasir lainnya berasal dari erosi laut saat gelombang memecahkan batuan di tepi laut. Pasir putih yang ada di pantai dihasilkan dari cangkang kerang laut yang tergerus gelombang laut dari waktu ke waktu.



Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?

Demikian artikel tentang kenapa dasar sungai penuh batu?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: