Jika Semua Sungai Mengalir ke Laut, Kenapa Laut Tak Meluap?

Seperti yang kita ketahui bahwa semua air sungai di dunia ini akan mengalir menuju laut, namun kenapa laut tidak meluap padahal laut menerima begitu banyak air. Tahukah sahabat Cinta Sains penyebabnya?. Di artikel ini sahabat akan menemukan jawabannya. Selamat membaca.


Di seluruh dunia ada ribuan sungai yang airnya terus mengalir menuju laut. Namun air yang dibawa ribuan sungai menuju laut tersebut hanya sedikit sekali jika dibandingkan dengan air yang ada di seluruh lautan. Jika lautan kita gambarkan sebagai 1 ember penuh air, maka semua air di sungai hanyalah 1 tetes air. Tambahan 1 tetes air tidak akan membuat air dalam ember meluap.

Selain itu, air yang ada di seluruh lautan juga terus-menerus berkurang karena sebagian kecilnya berubah menjadi uap dan naik ke udara menjadi awan hujan. Hujan turun di daratan dan mengalir lewat sungai menuju laut, air laut kembali menguap dan menjadi awan hujan kembali. Begitu seterusnya.

Proses yang terjadi dalam daur air menyebabkan air terus bergerak. Dari seluruh air di bumi, 96,8 % nya ada di lautan dan samudra, 2 % ada di tudung es kutub, dan kurang dari 1 % ada di sungai, danau, dan uap air di udara.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Bagaimana Gunung Es Bisa Terbentuk?

Demikian artikel tentang jika semua sungai mengalir ke laut, kenapa laut tak meluap?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: