Kenapa Bintang Tidak Jatuh ke Bumi?

Bumi memiliki gaya gravitasi yang dapat menarik segala sesuatu ke arah bumi, tapi kenapa bintang-bintang tidak ikut tertarik dan jatuh ke bumi? Di artikel ini sahabat akan menemukan jawabannya. Selamat membaca.

Bintang dan bumi sama-sama memiliki gaya tarik yang disebut sebagai gaya gravitasi, tetapi bintang tidak tertarik dan jatuh ke bumi karena letaknya terlalu jauh untuk ditarik ke bumi.


Demikian juga dengan bumi, bintang tak bisa menarik bumi karena letak bintang terlalu jauh dan karena gaya gravitasi matahari menahan bumi untuk tetap berada di posisinya.

Seandainya jarak bintang-bintang tersebut lebih dekat lagi dengan bumi, maka bumi lah yang akan tertarik ke arah bintang. Ini karena ukuran bintang jauh lebih besar dari ukuran bumi, begitu juga dengan kekuatan gravitasinya.

Walaupun tampaknya kecil, hampir semua bintang yang dapat dilihat dengan teleskop memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan ada yang berukuran 1000 kali lebih besar daripada matahari, sedangkan matahari sendiri berukuran ratusan kali lebih besar dari bumi.

Semakin besar bendanya, semakin besar tarikan gravitasinya. Tetapi bila jaraknya semakin jauh, maka gaya tarik tersebut akan melemah. Bintang yang besar pun tidak dapat menarik bumi karena letaknya yang begitu jauh, begitu juga sebaliknya.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Kenapa Bintang Hanya Muncul di Malam Hari?

Demikian artikel tentang kenapa bintang tidak jatuh ke bumi? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: