Kenapa Ada Bulan di Siang Hari?

Bulan adalah banda langit yang indah saat malam hari. Banyak lagu dan peribahasa yang terinspirasi oleh bulan dan cahaya indahnya di malam hari. Namun, tahukah sahabat Cinta Sains bahwa bulan juga bisa muncul di siang hari?. Di artikel ini kita akan mengupas alasan kenapa ada bulan di siang hari. Selamat membaca.

Pernahkah sahabat melihat ada bulan di siang hari?. Jika ya, mungkin sahabat akan berpikir kenapa bulan masih ada di siang hari?. Dulu saya pernah mendengar bahwa bulan yang masih ada di langit saat hari sudah siang disebut sebagai bulan kesiangan :D


Kenapa ada bulan di siang hari?

Sebenarnya bulan tidak hanya ada di langit saat malam hari, tapi juga di siang hari. Ini erat kaitannya dengan fase atau tahapan bentuk bulan. Berikut adalah beberapa fase bulan dan saat ia tampak dari bumi :

1. Bulan sabit
Bulan sabit terbit di pagi hari dan tetap tampak di langit sepanjang siang. Pada sore hari, bulan terbenam di barat.

2. Bulan perempat pertama
Saat bulan sabit membesar, terbitnya semakin siang hingga bulan seperempat, yang terbit tengah hari dan tenggelam malam hari.

3. Bulan purnama
Ketika matahari terbenam di barat, bulan purnama mulai terbit di timur. Pada waktu fajar saat matahari mulai terbit di timur, bulan purnama tenggelam di barat.

Keberadaan bulan di siang hari sering tidak terlihat karena adanya awan atau mendung, selain itu cahaya matahari yang terang juga membuat bulan tak terlihat. Sebaliknya, pada malam hari dimana suasana gelap karena  tak ada cahaya matahari, bulan terlihat jelas dengan cahayanya.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Kenapa Bintang Tak Jatuh ke Bumi
Alasan mengapa penampakan bulan selalu berubah

Demikian artikel tentang kenapa ada bulan di siang hari?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: