Kenapa Bintang Hanya Muncul di Malam Hari?

Bintang-bintang terlihat bertebaran indah di langit pada malam hari, tapi saat pagi atau siang menjelang, bintang-bintang itu lenyap entah kemana, tak ada satu bintang pun yang terlihat pada siang hari. Kenapa ya bintang-bintang itu seolah hanya muncul di malam hari?. 

Sebenarnya bintang-bintang tak pernah pergi kemana pun, mereka selalu ada di langit, bahkan pada siang hari. Tetapi pada waktu siang, bintang tidak terlihat karena adanya cahaya matahari yang jauh lebih terang. Pada malam hari bintang akan kembali tampak berkelap-kelip di langit yang gelap.


Hal ini sama perbandingannya dengan perbedaan antara melihat bintang di pedesaan dan di kota besar. Di pedesaan, malam tampak lebih gelap dengan udara yang lebih bersih, di sana kita dapat melihat bintang-bintang dengan jelas. Sementara malam hari di kota akan tetap terang benderang dengan adanya lampu jalan, lampu rumah dan debu di udara yang menutupi pandangan, sebab itulah cahaya bintang terhalangi, menyebabkan kita sulit menemukan bintang di langit kota.

Di siang hari, terangnya cahaya matahari menyebabkan kita tidak dapat melihat bintang. Namun di Antariksa di luar Atmosfer bumi, bintang selalu kelihatan. Kita dapat melihat bintang di siang hari hanya pada saat terjadi gerhana matahari total, dimana cahaya matahari terhalang seluruhnya. 

Di kota besar, lampu rumah dan lampu jalan menyebabkan langit begitu terang pada malam hari sehingga kita sulit melihat bintang. Hanya bintang yang paling terang atau paling cemerlang yang masih bisa terlihat di langit kota.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Tahapan-tahapan atau Fase Terbentuknya Sebuah Bintang

Demikian artikel kenapa bintang hanya muncul di malam hari?. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: