Cara Reproduksi atau Kembang Biak Zebra

Zebra adalah hewan yang berasal dari keluarga (family) kuda. Sebab itulah perawakan zebra sangat mirip dengan kuda. Ciri khas yang membedakannya dari kuda adalah warna tubuhnya yang berbelang-belang hitam dan putih. Di artikel ini Cinta Sains akan membahas mengenai cara reproduksi atau perkembangbiakan pada zebra. Selamat membaca.

Warna tubuh zebra yang berbelang-belang hitam dan putih berguna untuk menyamarkan diri dari predator. Meski terlihat sama, tiap zebra memiliki corak belang yang berbeda satu sama lain, layaknya sidik jari pada manusia.


Zebra hidup secara berkelompok. Hal ini membantu mereka untuk bertahan dari predator seperti singa, ceetah, hyena, buaya dan anjing liar afrika. 

Zebra adalah hewan pemakan tumbuhan (Herbivora). Makanan utama zebra adalah rumput, namun terkadang zebra juga memakan semak, dedaunan, ranting, dan bahkan kulit kayu.

Zebra berkomunikasi menggunakan suara dan ekspresi wajahnya. Zebra juga mempunyai pengelihatan dan pendengaran yang sangat baik. Hewan ini tidur dalam posisi berdiri dan hanya tidur saat ia merasa aman di tengah kelompoknya.

Seperti kuda, zebra mampu berlari dengan sangat cepat. Mereka mampu berlari dengan kecepatan mencapai 56 kilometer per jam. Kakinya sangat kuat. Tendangan kaki zebra mampu mencederai predator kuat seperti singa dan ceetah.

Cara Zebra berkembangbiak

Zebra adalah hewan mamalia, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Zebra betina siap kawin saat berumur 3 tahun. Sedangkan zebra jantan siap kawin setelah berumur 5 tahun. Setelah pasangan zebra kawin, zebra betina akan hamil dengan masa kehamilan rata-rata 1 tahun.

Seekor zebra betina dapat melahirkan 1 ekor anak setiap 1 tahun. Bayi zebra dapat berdiri dan berjalan kurang dari 1 jam sejak dilahirkan. Saat lahir, kulit bayi zebra berwarna coklat dan putih. Bayi zebra akan diasuh induknya sampai berusia 1 tahun.

Setelah mencapai usia 1 tahun, zebra muda akan bergabung dengan kelompok zebra lainnya untuk belajar hidup dan mencari makan sendiri. Zebra dapat hidup hingga usia 30 tahun di alam bebas.


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel :
Cara Kucing Berkembang Biak atau Reproduksi

Demikian artikel tentang cara reproduksi atau kembang biak zebra. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: