Jenis-jenis gerhana bulan | Cinta sain

Secara umum gerhana bulan ini dibedakan menjadi tiga, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra. Bagi sahabat cinta sain yang masih belum mengerti apa itu gerhana bulan dan bagaimana gerhana bulan dapat terjadi, dapat dibaca disini penjelasannya pengertian gerhana bulan dan mengapa terjadi gerhana bulan.



Berikut ini penjelasan jenis-jenis gerhana bulan, diantaranya yaitu;
1. Gerhana bulan total
Gerhana bulan total merupakan gerhana bulan dimana semua bagian dari bulan akan tertutup oleh bayangan bumi, sehingga bulan akan tampak tertutup semua. Gerhana bulan total ini dapat dibedakan lagi menjadi dua macam yakni gerhana bulan total dan gerhana bulan total +.

Gerhana bulan total adalah  gerhana yang terjadi pada saat bulan berada tepat pada daerah NTT, dan pada saat yang demikian warna bulan menjadi merah namun warna merah tersebut tidaklah rata.

Gerhana bulan total+ adalah gerhana yang terjadi pada saat bulan melalui titik pusat daerah umbra, dan pada saat ini warna bulan menjadi merah merata. Pada saat seperti ini bulan akan tampak menakjubkan sekaligus mengerikan jika dipandang dari bumi.

Saat terjadi gerhana bulan total ini maka bulan akan terlihat berwarna kemerahan. Hal ini berhubungan dengan lapisan atmosfer bumi. Di suatu daerah tertentu atau suatu negara tertentu, gerhana bulan total akan terlihat lebih merah daripada di daerah lain. Hal ini menandakan bahwa jika bulan berwarna lebih merah, maka suatu tempat tersebut memiliki tingkat polusi yang semakin kuat.

2. Gerhana bulan sebagian
Pada gerhana sebagian ini, bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Sedangkan sebagian permukaan bulan yang lainnya berada di area penumbra. Sehingga masih ada sebgaian dari sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan dan dapat dilihat manusia dari bumi. Inilah yang disebut sebagai gerhana bulan sebagian.

3. Gerhana bulan penumbra
Jenis Gerhana bulan penumbra berarti seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Dengan demikian bulan masih dapat terlihat oleh manusia yang berada di bumi meskipun secara samar- samar dan dengan warna yang suram.

Pengertian umbra dan juga penumbra.
  • umbra adalah daerah di antara bumi dan juga bulan yang tidak terkena cahaya matahari atau yang gelap. 
  • Penumbra adalah daerah di antara bumi dan juga bulan namun yang terkena sinar matahari atau daerah di antara bumi dan matahari yang masih tersinar oleh sinar matahari.

Demikian pengertian jenis-jenis gerhana bulan, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sain.

Subscribe to receive free email updates: