Pengertian hewan avertebrata atau invertebrata, kelompok hewan yang

Hewan avertebrata atau invertebrata adalah kelompok hewan yang tidak mempunyai tulang belakang dalam struktur tubuhnya.

Hewan avertebrata sering di jumpai baik di darat, laut (air asin), dan di sungai-sungai (air tawar). Mereka juga memiliki peran dalam ekosistem sekitarnya, bahkan ada yang secara langsung maupun tidak langsung berperan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Berikut ini beberapa hewan yang termasuk dalam kelompok hewan avertebrata atau invertebrata.

a. Porifera
Porifera merupakan hewan avertebrata yang hidup di perairan ikan asin (laut) berbentuk seperti spons.
Spons tidak memiliki sistem saraf, pencernaan maupun sistem peredaran darah. Sebaliknya, sebagian besar mengandalkan aliran air melalui pori-pori tubuh mereka untuk mendapatkan makanan dan oksigen dan untuk membuang limbah.

Gambar; porifera

b. Coelenterata (hewan berongga)
Coelenterata berasal dari kata coelon yang artinya berongga dan enteron yang artinya perut. Coelenterata dapat diartikan sebagai hewan perut berongga. Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai alat pengedar sari makanan dan sisa makanan dikeluarkan.

Struktur tubuh Coelenterata terdiri dari:
  • Memiliki dua lapisan sel tunas, yaitu lapisan luar sebagai epidermis dan lapisan dalam sebagai gastrodermis. 
  • Mempunyai satu lubang yang berfungsi sebagai mulut dan juga sebagai anus serta sel penyengat pada epidermisnya. Di antara epidermis dan gastrodermis terdapat suatu ruang yang berisi massa seperti jeli yang disebut mesogloea. 
  • Mempunyai dua bentuk tubuh, yaitu bentuk polip dan medusa yang terjadi dalam siklus hidupnya seperti yang terjadi pada ubur-ubura dan anemon laut.
Gambar; anemon laut

c. Cacing (vermes)
Cacing merupakan hewan invertebrata,  cacing mempunyai satu bidang belahan tubuh (simetris bilateral). Sebagian kelompok ini telah memiliki saluran pencernaan. Terkadang mereka hidup sebagai parasit baik pada hewan dan manusia. Sebagian caving bersifat hemafrodit, dalam satu individu mempunyai dua jenis alat kelamin, yakni jantan dan betina. Contoh cacing, cacing tanah, cacing pita, dan lintah.

Gambar ; cacing tanah

d. Molusca (hewan bertubuh lunak)
Pada hewan molusca biasanya tubuh mereka yang lunak dilindungi oleh cangkang yang keras. Pada hewan ini telah memiliki sistem pernafasan, pencernaan dan perkembangan biakan yang sempurna. Mempunyai satu bidang belahan tubuh (simetris bilateral). Contohnya; gurita, sotong dan bekicot.

Gambar; bekicot

e. Arthropoda (hewan berkaki sendi)
Kelompok hewan ini hidup disemua habitat, air laut, air tawar dan daratan. Hewan ini biasa disebut dengan hewan bertubuh beruas-ruas atau berbuku-buku.
Bagian tubuh hewan ini terdiri atas tiga bagian yaitu kepala, dada dan perut. Tubuh hewan arthropoda dilindungi oleh rangka luar (eksoskeleton). Contoh hewan arthropoda yakni; udang, belalang, kalajengking dan kaki seribu.

Gambar; belalang

Demikian sedikit penjelasan mengenai kelompok hewan avertebrata berikut jenis-jenis hewan yang termasuk di dalamnya, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Baca juga

Subscribe to receive free email updates: