Kelangsungan hidup organisme, Pengertian seleksi alam | Cinta Sains


Setiap organisme pasti akan mempertahankan kelangsungan hidup setiap jenisnya, baik itu melalui proses reproduksi ataupun dengan cara beradaptasi. Jika organisme tersebut tiadak mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya dapat dipastikan organisme tersebut akan punah, seperti halnya dinosaurus.

Kelangsungan hidup suatu organisme dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni;



B.  Seleksi alam
Seleksi alam adalah proses kelulusan kehidupan pada suatu organisme terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di alam. Kondisi alam yang selalu berubah-ubah, baik iklim, cuaca, bencana alam ataupun akibat ulah tangan manusia hal ini menyebabkan hanya organisme yang mampu bertahan hidup yang akan tetap hidup lestari. Sedangkan organisme yang tidak mampu bertahan hidup akan punah.

Alam akan menyeleksi organisme-organisme yang hidup, organisme yang dapat beradaptasi akan terus hidup sedangkan organisme yang tidak mampu bertahan akan mati.

Keberlangsungan hidup suatu organisme dipengaruhi oleh ketersediaan makanan, air, tempat tinggal/berlindung, cahaya dan oksigen. Selain faktor lingkungan, faktor untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Organisme yang tidak mampu beradaptasi, biasanya mereka akan berpindah tempat mencari lingkungan yang baru agar mereka mampu bertahan hidup. Jika sifat lingkungan yang berbeda dari lingkungan sebelumya maka akan terjadi adaptasi yang sangat mencolok sehingga akan menghasilkan spesies baru. Jadi adaptasi dan seleksi alam akan dapat menciptakan spesies baru.

Demikian sedikit penjelasan mengenai seleksi alam, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: