Kelangsungan hidup organisme dan Pengertian perkembangan biakan pada organisme | Cinta Sains

Setiap organisme pasti akan mempertahankan kelangsungan hidup setiap jenisnya, baik itu melalui proses reproduksi ataupun dengan cara beradaptasi. Jika organisme tersebut tiadak mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya dapat dipastikan organisme tersebut akan punah, seperti halnya dinosaurus.

Kelangsungan hidup suatu organisme dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni;

Selain mampu beradaptasi dan lolos dari seleksi alam, suatu organisme harus mampu berkembangbiak agar kelangsungan hidup jenisnya dapat tetap lestari dan tidak punah.

Perkembangbiakan menghasilkan individu baru yang sama dengan induknya. Tingkat keberhasilan reproduksi setiap organisme berbeda, ada yang tinggi ada yang rendah. Tingkat reproduksi adalah kemampuan organisme untuk berkembang biak.

Organisme yang memiliki tingkat reproduksi tinggi mampu menghasilkan keturunan yang banyak dalam waktu yang singkat, contohnya tikus, kucing, nyamuk, katak dan serangga. Organisme yang memiliki tingkat reproduksi rendah mereka menghasilkan keturunan dalam jumlah sedikit dengan waktu yang lama, contohnya harimau, gajah dan badak.

Perkembanganbiakan terjadi pada semua organisme baik mikroorganisme, hewan, tumbuhan dan manusia. Perkembangan biakan pada tumbuhan dapat terjadi secara vegetatif atau aseksual dan generatif atau seksual.

Perkembanganbiakan vegetatif (aseksual) adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa didahului bertemunya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Jadi individu baru yang dihasilkan berasal dari satu indukan, sehingga mempunyai sifat yang sama seperti induknya.
Perkembangbiakan vegetatif (aseksual) terjadi pada hewan, tumbuhan, jamur, Protista, dan Monera


Perkembanganbiakan generatif (seksual) adalah perkembangbiakan yang diawali dengan pembuahan, yaitu bertemunya sel kelamin Jantan dengan sel kelamin betina. Pembuahan menghasilkan zigot, yang nantinya akan berkembang menjadi individu baru. Karena perkembangbiakan generatif (seksual) memerlukan dua induk yang berbeda jenis kelamin maka sifat individu baru yang dihasilkan akan mempunyai sifat dari dua induknya.

Baca juga



Demikian sedikit penjelasan mengenai kelangsungan hidup organisme melalui perkembangbiakan. Semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.




Subscribe to receive free email updates: