Fungsi atau Kegunaan Punuk Bagi Unta

Unta atau Onta adalah hewan gurun yang diketahui sangat tahan terhadap panas, kelaparan dan kehausan. Menjadikannya sebagai hewan yang mampu beradaptasi dengan daerah gurun atau padang pasir, dimana cuaca sangat panas dan sulit menemukan makanan serta air.

Unta dapat bertahan hingga suhu 41 derajat celcius. Unta juga sanggup bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 3 minggu, sampai ia kehilangan 33 persen bobot tubuhnya. Jika demikian, apa yang membuat Unta mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum selama itu?, rahasianya ternyata ada pada punuknya.


Fungsi atau kegunaan punuk bagi Unta

Banyak yang mengira bahwa punuk Unta berisi air, namun sebenarnya punuk Unta berisi lemak khusus yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Unta menggunakan lemak yang ada di punuknya ketika ia tidak menemukan makanan di sekitarnya. 

Saat Unta menggunakan lemak yang ada di punuknya, maka punuk Unta akan terlihat lemas dan agak terkulai ke bawah. Sebaliknya, pada saat Unta mengkonsumsi cukup makanan, maka punuk Unta akan kembali terlihat normal.

Lalu bagaimana dengan air?, jika Unta dapat makan dengan cadangan makanan di punuknya, bagaimana Unta mendapatkan air agar tidak kehausan sebelum ia dapat menemukan sumber air?.

Jawabannya adalah juga dari punuknya. Pada suatu saat lemak khusus di punuk Unta bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak yang ada pada punuk Unta bisa diubah menjadi satu gram air.


Nah, sekarang kita sudah tau kan apa fungsi atau kegunaan punuk bagi Unta?. Ada yang ingin menambahkan?.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan

Demikian artikel tentang fungsi atau kegunaan punuk bagi Unta. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: