Definisi atau Pengertian Resonansi, Manfaat Resonansi dan Kerugian yang Bisa Ditimbulkan Karena Adanya Resonansi

Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya sebuah benda disebabkan adanya getaran benda lain di sekitarnya yang memiliki frekuensi yang sama dari frekuensi benda tersebut. Contoh resonansi : saat kita memukul sebuah beduk pada satu sisi, maka sisi yang lain akan turut bergetar sehingga menciptakan bunyi yang lebih keras.

Manfaat resonansi 
  • Kita dapat mendengar bunyi atau suara karena adanya peristiwa resonansi pada telinga kita. Di dalam telinga terdapat selaput gendang telinga. Selaput ini sangat tipis dan mudah beresonansi dengan bunyi Audiosonik.
  • Alat musik akustik seperti Suling, Biola dan Gitar memanfaatkan resonansi agar diperoleh bunyi yang merdu. Alat musik tradisional, seperti Gamelan juga memanfaatkan resonansi.
  • Adanya ruang resonansi pada Biola, Gitar, Saron, Kolintang dan Kentongan dapat memperkeras bunyi alat-alat musik tersebut.
  • Katak dapat mengeluarkan bunyi nyaring karena resonansi yang terjadi pada rongga mulut katak. Rongga mulut katak dapat mengembang sedemikian rupa sehingga menyerupai selaput tipis. Pada selaput tipis inilah terjadi peristiwa resonansi.

Kerugian yang bisa ditimbulkan karena adanya resonansi

  • Bunyi kendaraan besar yang lewat di depan rumah dapat menggetarkan kaca jendela rumah. Apabila frekuensi bunyi kendaraan sama dengan kaca jendela rumah, maka memungkinkan kaca bergetar lebih hebat dan akhirnya pecah.
  • Bunyi gemuruh yang dihasilkan oleh Guntur beresonansi dengan kaca jendela yang membuat kaca bergetar keras hingga dapat menyebabkan kaca jendela pecah.
  • Bunyi yang terlalu  kuat atau terlalu keras dapat memecahkan gendang telinga kita dan menyebabkan tuli.
  • Dentuman atau bunyi ledakan bom yang sangat keras dapat menimbulkan getaran hebat di sekitarnya yang bisa meruntuhkan gedung-gedung.


Demikian artikel tentang definisi atau pengertian resonansi, manfaat resonansi dan kerugian yang bisa ditimbulkan karena adanya resonansi. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: