Hewan-hewan yang Berpuasa

Ternyata, tak hanya manusia saja yang melakukan puasa. Hewan-hewan juga ada yang berpuasa, namun tentunya, cara mereka berpuasa tidaklah sama dengan manusia, dimana manusia berpuasa dengan ketentuan-ketentuan atau kaidah tertentu yang telah dinyatakan dalam ajaran agama. Hewan-hewan melakukannya dengan caranya sendiri yang merupakan cara yang alami.

Berikut adalah beberapa hewan yang biasa melakukan puasa :

1. Ayam betina
Saat mengerami telur-telurnya, Ayam bentina selalu berpuasa, ia hanya beranjak dari sarang dimana ia meletakkan telur-telurnya saat ia ingin menggerakkan tubuh dan sayapnya. Itupun hanya dilakukannya sebentar saja dan kemudian akan segera kembali mengerami telur-telurnya. Puasa yang dilakukan Ayam betina bertujuan untuk meningkatkan panas tubuhnya untuk menghangatkan telur-telur agar cepat bisa menetas.


2. Kupu-kupu
Seekor Kupu-kupu yang indah, sebenarnya berasal dari seekor ulat yang bermetamorfosis sempurna dengan cara melakukan puasa pada saat ia berada dalam Kepompong. Puasa yang dilakukan ulat bertujuan untuk menghancurkan tubuhnya dan menyisakan beberapa sel saja yang diperlukan untuk dapat berubah menjadi Kupu-kupu.


3. Ikan Salmon
Habitat ikan Salmon adalah di lautan, namun saat ikan Salmon akan bertelur, maka secara bergerombol, ikan Salmon akan bermigrasi menuju hulu sungai yang berair tawar. Migrasi yang dilakukan ikan Salmon dapat mencapai jarak ribuan mil, dan selama itu pula ikan Salmon berpuasa. Puasa yang dilakukan ikan Salmon dalam perjalanannya panjangnya ini dapat merubah bentuk sisik pada ikan Salmon, selain itu juga akan membuat tubuh ikan Salmon menjadi lebih ramping dan gesit, sehingga ia dapat berenang dengan lebih cepat dan mampu menghindar dari serangan predatornya.


Sahabat CintaSains juga bisa membaca artikel : Definisi Individu, Populasi, Habitat, Komunitas dan Ekosistem

Demikian artikel hewan-hewan yang berpuasa. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: