Apa yang Disebut Alam Semesta?

Kita seringkali mendengar kata alam semesta, namun masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya definisi atau pengertian dari alam semesta itu sendiri. Di artikel ini, Cinta Sains mencoba menuliskannya untuk Anda. Selamat membaca.

Definisi atau pengertian alam semesta

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “alam” memiliki arti segala yang ada di langit dan di bumi (seperti bumi, bintang, tumbuhan, hewan, gunung, batu dan lain-lain). Sedangkan kata “semesta” berarti seluruh; segenap; atau semua yang ada di alam.

Alam semesta juga bisa disebut sebagai jagat raya. Adapun definisi atau pengertian alam semesta atau jagat raya adalah : suatu ruangan yang sangat besar atau tak terhingga yang di dalamnya terdapat kehidupan, baik yang biotik maupun abiotik, serta di dalamnya terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang tidak.

Beberapa teori tentang pusat alam semesta

Adanya alam semesta membuat manusia berpikir tentang sebuah sumber atau pusat dari alam semesta itu sendiri. Melewati beberapa dekade, muncullah beberapa teori dari para ilmuwan dan Astronom sebagai berikut :
\
1. Teori Egocentris
Teori ini menyatakan bahwa manusia adalah pusat dari alam semesta. Berasal dari kata "Ego" yang berarti Saya dan "Centris" yang berarti Pusat.

2. Toeri Geocentris
Teori ini menyatakan bahwa bumi adalah pusat dari alam semesta. Teori Geocentris kemukakan oleh seorang ilmuwan dan Astronom Yunani bernama Cladius Ptolemeus yang hidup pada 90 hingga 168 M. Berasal dari kata "Geo" yang berarti bumi dan "Centris" yang berarti pusat.


3. Heliocentris
Menyatakan bahwa matahari adalah pusat dari alam semesta. Teori ini diungkapkan oleh seorang Astronom bernama Nicolas Copernicus. Berasal dari kata "Helics" yang berarti matahari dan "Centris" yang berarti pusat.


Namun saat ini, Sains modern menyadari bahwa teori-teori tersebut lebih cocok dihubungkan dalam ruang lingkup tata surya dan bukan alam semesta. Tata surya hanyalah sebagian dari galaksi, dan galaksi adalah satu kumpulan bintang dari banyak kumpulan bintang yang ada di alam semesta.

Alam semesta terdiri atas semua materi, termasuk tenaga dan radiasi serta hal yang sudah diketahui, dalam tahap penelitian dan juga baru dalam tahap percaya bahwa pasti ada di antariksa. Bumi, planet-planet dan matahari yang termasuk dalam tata surya hanyalah merupakan titik kecil di antara lebih dari 200 miliyar bintang penyusun galaksi Bimasakti.

Matahari merupakan satu di antara milyaran bintang di alam semesta, kemungkinan setiap bintang mempunyai susunan tata surya seperti tata surya matahari. Perhitungan sampai ke angka 200 miliyar bintang baru untuk sebuah galaksi. Di alam semesta ada beberapa galaksi yang telah diketahui dan mungkin masih akan ditemukan galaksi lainnya di masa mendatang.

Kesimpulannya, alam semesta sangatlah luas hingga otak manusia mungkin tak akan dapat menjangkaunya.

Sahabat Cinta Sains juga  bisa membaca artikel : Orang Pertama yang Mencetuskan Teori Matahari Sebagai Pusat Tata Surya

Demikian artikel tentang apa yang disebut alam semesta atau jagat raya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: