Pengertian Nova, Supernova dan Hypernova

Setiap bintang memiliki masa hidupnya masing-masing lalu mati dengan berbagai cara. Ada bintang yang menyusut menjadi kurcaci lalu mati dan ada bintang meledak hebat sebelum ia mati. Ledakan bintang yang berukuran besar ini terjadi amat dahsyat dan disebut sebagai Nova, Supernova dan Hypernova.

Pengertian Nova

Nova dalam bahasa latin berarti bintang baru. Ini merupakan sebuah ledakan bintang yang terjadi akibat adanya interaksi dua sistem bintang ganda.  Dalam astronomi, bintang memiliki banyak tipe, salah satunya adalah bintang ganda, yaitu dua buah bintang yang saling berinteraksi karena adanya gravitasi dari kedua bintang. Meski demikian, kedua bintang ini tidak bertabrakan dan tidak juga saling menjauh. 

Teori menyatakan bahwa peristiwa nova terjadi sebagai akibat dari bintang yang kembali menyala setelah tidur panjang. Ledakan nova terjadi di permukaan bintang yang tiba-tiba menjadi lebih cemerlang. Itulah sebabnya para Astronom jaman dahulu menyebut bintang yang tiba-tiba cemerlang itu sebagai bintang baru atau nova.

Pengertian Supernova

Supernova adalah peristiwa ledakan bintang yang lebih besar atau lebih hebat ledakannya dari nova. Supernova terjadi saat sebuah bintang besar kehabisan bahan bakar, kolaps dan lalu meledak. Ledakan yang terjadi sangat spektakuler hingga disebut sebagai supernova. Peristiwa ledakan ini berlangsung selama beberapa minggu dan termasuk hal yang jarang terjadi.

Pengertian Hypernova

Jenis ledakan bintang dengan energi substansial lebih tinggi dari supernova. Diperkirakan bahwa ledakan hypernova ratusan kali lebih besar dari supernova. Bisa dikatakan bahwa hypernova adalah ledakan paling dahsyat yang terjadi di alam semesta. Istilah alternatif untuk sebagian hypernovae adalah " supernova superluminous " ( SLSN ).


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Tahapan atau Fase Terbentuknya Sebuah Bintang

Demikian artikel tentang pengertian nova, supernova dan hypernova. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: