Cara Udang Berkembang Biak

Udang adalah hewan air yang memiliki sifat Omnivora. Ia biasa memakan tumbuhan dan hewan kecil yang hidup di air. Udang juga banyak dibudidayakan oleh manusia karena merupakan bahan konsumsi yang lezat dan memiliki nilai ekonomis tinggi. 


Cara Udang berkembang biak

Udang berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar). Waktu betelur Udang biasanya terjadi pada malam hari atau beberapa jam setelah kawin. Seekor Udang betina mampu menelurkan 50.000 hingga 1 juta telur. Telur-telur tersebut diletakkan di kaki Udang betina dan membutuhkan waktu 24 jam saja untuk menetas. 

Telur Udang yang telah menetas akan menjadi Larva yang disebut sebagai Naupilus. Pada tahap selanjutnya, Naupilus akan berubah menjadi Zoea dan berubah lagi menjadi Mysis yang memakan Alga dan Zooplankton. Setelah 3 sampai 4 hari, Mysis akan bermetaorfosis menjadi Postlarva atau Udang muda. Keseluruhan proses dari tahap Naupilus sampai menjadi Postlarva membutuhkan waktu sekitar 12 hari. 

Udang muda menghabiskan waktunya dengan melayang-layang di air. Seiring waktu, setelah mulai tumbuh, mereka mulai tenggelam di dasar air dan mulai berganti cangkang hingga mencapai tahap Udang dewasa.


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Cara Kembang Biak Burung Unta

Demikian artikel tentang cara Udang berkembang biak. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: