Pengertian Aurora dan Sebab Terjadinya Aurora

Banyak fenomena alam yang sangat Indah yang Tuhan ciptakan, seperti misalnya Pelangi dan Aurora. Mengenai pelangi, hampir semua dari kita telah mengenalnya, namun lain halnya dengan Aurora, fenomena alam yang satu ini sangat jarang terjadi dan hanya terjadi di wilayah Bumi tertentu saja, sehingga banyak orang yang belum mengetahui tentang apa itu Aurora dan sebab terjadinya Aurora. 


Pengertian atau definisi Aurora

Aurora adalah fenomena alam berupa pijaran cahaya indah warna-warni yang terjadi pada lapisan Ionosfer sebuah Planet sebagai akibat interaksi medan magnetik Planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Di Bumi, Aurora terjadi di daerah kutub Utara dan Kutub Selatan, Aurora yang terjadi di kutub utara Bumi disebut sebagai Aurora Borealis dan Aurora yang terjadi di kutub selatan Bumi disebut sebagai Aurora Australis.


Aurora Borealis bisa disaksikan pada waktu tertentu di daerah Fairbanks, Alaska, dan beberapa lokasi di Kanada Timur, Islandia dan Skandinavia Utara. Sementara itu Aurora Australis sangat jarang terjadi dan ia pernah terlihat terjadi di daerah Tasmania.

Sebab terjadinya Aurora

Aurora terjadi sebagai akibat dari interaksi medan magnetik Planet dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari atau yang sering disebut sebagai angin Matahari.

Aurora dapat membentuk pita-pita cahaya dengan berbagai warna yang indah, biasanya berwarna hijau, kuning, biru atau merah tua.Warna-warna yang dihasilkan disebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda.


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Efek yang Terjadi Saat Bumi Berhenti Berputar

Demikian artikel tentang pengertian Aurora dan sebab terjadinya Aurora. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: