Sifat-sifat Udara dan Komposisi Udara

Bumi kita terasa sejuk karena adanya air dan udara. Bahkan semua mahluk hidup tak akan dapat bertahan tanpa air dan udara. Begitu pentingnya dua hal ini hingga mustahil kehidupan bisa berjalan tanpanya. Di artikel ini secara khusus Cinta Sains akan membahas mengenai sifat-sifat udara dan komposisi udara. Selamat membaca.

Sifat-sifat udara

Udara atau angin memiliki sifat-sifat sebagai berikut :

1.  Ada namun tak terlihat, hanya bisa dirasakan
Kita tak bisa melihat seperti apa wujud udara, namun kita dapat merasakannya saat kita bernapas atau wajah dan rambut kita terkena tiupan angin.

2. Udara memiliki berat atau massa
Sebuah ban dalam sepeda yang telah diberi angin dengan cara dipompa akan terasa lebih berat dibanding sebelum ban dalam tersebut diberi angin. Untuk membuktikannya dengan yakin, kita bisa menggunakan timbangan untuk melihat hasilnya.

3. Menempati runag
Tiuplah sebuh balon lalu ikatlah ujung atau mulut balon tersebut dengan rapat. Kita akan melihat udara telah berada atau menempati ruang kosong di dalam balon.


4. Menekan ke segala arah
Saat kita menekan bagian balon yang telah kita tiup dengan keras, maka bentuk balon akan bergerak mengikuti tekanan udara di dalamnya.

5. Mengembang atau memuai jika dipanaskan
Taruhlah balon yang telah kita tiup dan ikat ujung atau mulutnya dengan rapat lalu letakkan di bawah terik sinar Matahari. Dalam beberapa menit, balon akan meledak karena udara di dalamnya mengembang atau memuai lalu menekan kuat balon hingga meledak.

6. Memiliki berat, volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah
Udara selalu bergerak hingga menyebabkan berat, volume dan bentuknya selalu berubah-ubah.

Komposisi udara

Udara terdiri atas 3 unsur utama, yaitu Udara kering, Uap air, dan Aerosol. Udara kering terdiri dari 78% Nitrogen, 20% Oksigen, 0,93% Argon, 0,03% Karbon Dioksida, 0,003% dan gas lain (Neon, Helium, Metana, Kripton, Hidrogen, Xenon, Ozon, Radon). Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi atau penguapan pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Aerosol merupakan benda berukuran mikro, seperti karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi.


Demikian artikel tentang sifat-sifat udara dan komposisi udara. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: