Inilah Alasan Kenapa Pintu Kulkas Diberi Magnet

Pintu kulkas di rumah kita sering kita tempeli pernak-pernik lucu yang dengan mudah merekat kuat. Hal ini tidak lain karena adanya magnet yang terpasang pada pintu dan badan kulkas. Lalu kenapa pembuat kulkas memasang magnet pada kulkas?, adakah fungsi tertentu atau alasan lain kenapa pintu kulkas harus diberi magnet?.


Pada awalnya, pintu kulkas hanya bisa dibuka dari luar dengan sistem pengait seperti pengait gembok biasa. Ini dilakukan agar pintu kulkas tertutup rapat sehingga pendinginan di dalam kulkas dapat terjadi dengan baik. Namun ada satu hal yang menjadi kekhawatiran, yaitu bagaimana jika ada orang, misalnya anak kecil yang tanpa sengaja masuk ke dalam kulkas dan terkunci di dalamnya.

Jika ada orang yang masuk ke dalam kulkas lalu pintunya hanya bisa dibuka dari luar, maka kecil kemungkinan orang tersebut akan selamat. Ini dikarenakan pada permukaan pintu kulkas juga terpasang karet yang membuat pintu kulkas menutup lebih rapat. Jika orang tersebut berteriak meminta tolong, maka teriakan tersebut juga tidak akan terdengar. Karet termasuk bahan yang cukup baik dalam meredam suara.

Penelitian tentang keamanan kulkas kemudian mulai dilakukan, hingga akhirnya ditemukan konsep penggunaan materi magnet pada pintu kulkas. Dengan menggunakan magnet, pintu kulkas tetap dapat menutup rapat dan bisa dibuka dengan mudah, baik dari luar maupun dari dalam.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Pengertian Radiasi, Konduksi dan Konveksi Serta Contohnya

Demikian artikel tentang inilah alasan kenapa pintu kulkas diberi magnet atau mengandung magnet. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: