Cara Mentok atau Itik Serati Berkembangbiak

Banyak nama untuk unggas peliharaan yang satu ini, ada yang menyebutnya mentok, entok, entog, itik serati, itik surati dan itik manila. Dari sekian nama tersebut, mentok dan entog adalah nama yang paling umum. Di artikel ini Cinta Sains akan membahas mengenai cara mentok berkembang biak atau reproduksi. Selamat membaca.

Mentok berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, di mana populasi mentok hidup alami dan liar di rawa-rawa berhutan serta wilayah berpaya di sekitar danau dan sungai, termasuk di hilir lembah sungai Rio Grande di Texas.

Bulu tubuh mentok didominasi warna hitam dan putih, mentok memiliki kulit atau tonjolan kulit berwarna merah dan hitam di sekitar mata dan wajahnya. Paruh mentok berukuran pendek dan gemuk seperti bebek dengan warna putih kemerahan. Mentok juga memiliki kaki yang gemuk dan pendek berselaput renang dengan warna abu-abu kehitaman. Bentuk ekor memipih datar dan agak lebar.


Tubuh mentok jantan lebih besar dari mentok betina. Mentok yang dipelihara, berat tubuhnya bisa mencapai 7 kilogram untuk mentok jantan dan 5 kilogram untuk mentok betina.

Mentok memiliki bulu yang tebal sehingga ia bisa tetap hangat meski tubuhnya diguyur hujan saat mencari makan. Mentok sebenarnya bisa terbang, tapi ia jarang sekali melakukannya kecuali saat ia merasa diganggu. Ia lebih senang berjalan berkelompok. Jalannya perlahan-lahan dan tak pernah tergesa-gesa, ekornya bergoyang ke kanan dan ke kiri (megal-megol) untuk mengimbangi berat tubuhnya saat berjalan.

Makanan utama mentok adalah serangga air, yuyu kecil dan pucuk tumbuh-tumbuhan. Oleh pemiliknya, mentok sering diberi makan dedak bercampur air dan sisa-sisa makanan.

Cara mentok berkembangbiak atau reproduksi

Mentok berkembangbiak dengan cara bertelur (Ovipar). Mentok betina bisa bertelur hingga 16 butir. Telur-telur itu akan dierami oleh mentok betina selama sekitar 5 minggu. Selama proses pengeraman telur, mentok betina jarang beranjak dari sarangnya. Ia hanya meninggalkan telur-telurnya saat ia ingin mencari makan dan minum. Itupun dilakukan sebentar saja.

Saat telur telah menetas, anak-anak mentok akan keluar dari cangkangnya dalam keadaan mata terbuka. Anak-anak mentok sudah bisa berjalan dan berenang. Mereka akan tinggal bersama induknya selama 10 hingga 12 minggu.


Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Mengenal Burung Bangkai dan Cara Burung Bangkai Berkembangbiak

Demikian artikel tentang cara mentok atau itik serati berkembangbiak. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: