Jenis-jenis logam dan fungsinya | Cinta sains

Logam merupakan material yang  berbentuk padat, tidak tembus pandang, dan bersifat keras. Untuk fungsinya, setiap jenis logam mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Baik itu logam murni (logam tunggal) yang disebut unsur atau paduan logam (beberapa logam yang dicampur menjadi satu) yang bertujuan untuk mendapatkan ligam yang lebih keras.

Berikut ini ada beberapa jenis logam diantaranya sebagai berikut.

Jenis Logam Emas

Unsur logam emas mempunyai struktur sifat yang lunak, dan mempunyai warna bentuk kuning terang. yang biasa digunakan untuk perhiasan dan juga alat-alat elektonik.


Jenis Logam Perak


Logam perak merupakan suatu logam yang mudah untuk dibentuk, yang memiliki warna dasar putih abu-abu. yang mampu sebagai konduktor panas listrik yang sangat baik, logam biasanya digunakan sebagai perhiasan serta peralatan berbahan dari logam perak.


Jenis Logam Perunggu


Jenis logam perunggu merupakan sebuah logam campuran dari tembaga, seng serta timah, yang sudah dikenal sejak jaman kuno, aloi memiliki sifat tahan korosi dan juga mudah untuk dibentuk. Dari kebanyakan negara logam biasanya digunakan sebagai mata uang terbuat dari logam yang bernilai rendah.


Jenis Logam Tembaga

Logam tembaga merupakan logam yang mudah untuk dibentuk, memiliki warna putih keperakan. Jenis logam yang baik digunakan untuk membuat kawat listrik adalah tembaga salah satunya, biasa digunakan sebagai tangki air panas, kebel listrik, serta aloi kuningan dan juga kupronikel.


Jenis Logam Kuningan


Kuningan merupakan logam campuran dari tembaga dan seng , dalam pemanfaatan kuningan sangat banyak digunakan olehh masyarakat. seperti barang-barang hiasan, sekrup, paku-paku kecil serta alat-alat musik, yang menggunakan tembaga sebagai komponennya.


Jenis Logam Besi

Besi merupakan logam yang dihasilkan dari peleburan biji hematit di dalam tanur sembur. yang biasa digunakan di tempat bangunan dan juga pada bidang teknik digunakan sebagai pembuatan aloi baja.

Jenis Logam Aluminium

Aluminium merupakan logam yang mempunyai sifat logam sangat ringan dan termasuk logan tahan korosi, bouskit adalah bijih alumunium, untuk mendapatkan alumunium dilakukan pemisahan dari bijihnya dengan proses elektrolisis. Aluminium bisanya diguanakan pada kabel-kabel listrik lintas udara pesawat terbang, mobil, kapal dan juga kaleng aluminium.


Jenis Logam Timah

Timah merumpakan logam lunak, seta mudah untuk dibentuk yang mempunyai warna putih keperakan . Logam tersebut digunakan sebagai menyapuh baja, guna menghentikan korosi pada aloi perunggu, timah terbuat dari logam campuran timah dan timbal juga, dan biasa digunakan untuk solder.

Sifat logam mempunyai sifat-sifat istimewa yang menjadi dasar dalam penggunanya, kuat kecuali raksa, dapat ditempa dan dapat direnggangkan. Konduktor listrik yang baik dan penghantar panas yang baik bila bagian tertentu dipanaskan,

Mengkilap jika digosok atau terkena cahaya, pada suhu kamar berwujud padat kecuali raksa dan memiliki karapan relatif tinggi dan sifat-sifat logam sangat banyak sekali tentunya.


Baca juga
 Pengertian Logam Dasar, Logam Ferro, Logam non-Ferro dan Logam mulia


Sifat logam dikaitkan dengan ke elektro negatif, yaitu cenderung melepaskan elektron yang membentuk ion positif. Sehingga sifat logam tergantung pada energi ionisasi. Ditinjau kembali berupa konfigurasi elektron, terhadap unsur- unsur logam cenderung melepaskan elektron, sedangkan unsur-unsur non logam cenderung menangkap elektron.


1. Kuat Kecuali Raksa
Kekerasan dan kekuatan logam dapat ditingkatkan dengan cara mencampur logam satu dengan logam yang lainya, atau bisa juga dengan nonlogam yang bisa disebut dengan aliase. Misalnya seperti aliase aluminium dengan magnesium yang dimanfaatkan sebagai bahan konsturksi jembatan, bangunan dan digunakan pada kendaraan bermotor.


2. Dapat Ditempa dan Dapat Direnggangkan
Tergantung kepada lapisan-lapisam atom menggelincir terhadap lapisan atom yang lainya, terdapat pada kristal logam. Semakin simetris pada susunan atom suatu logam, akan semakin mudah untuk ditempa dan direnggangkan.


3. Konduktor Listrik yang Baik
Elektrolit valensi yang bergerak akan memudahkan muatan negatif yang berasal dari luar akan mendorong lautan electron. Sehingga akan menyebabkan listrik dapat mengalir pada logam. Sifat ini yang mendasari oleh para pengguna logam menggunakanya sebagai kabel listrik.


4. Penghantar Panas yang Baik bila Bagian Tertentu di Panaskan
Elektron-elektron pada logam akan menerima sejumlah energi kinetiknya bertambah, sehingga mengakibatkan bertambah dan gerakanya semakin lama semakin cepat. Elektron yang bergerak cepat akan menyerahkan sebagian enrgi elektron kepada elekteon lainya, sehingga bagian logam yang lainya menghasilkan panas.


5. Mengkilap Jika Digosok Atau Terkena Cahaya
Kilap logam terjadi dikarenakan permukaan pada logam dapat memantulkan semua cahaya, elektron-elektron bebas pada logam akan naik kepada tingkat energi yang lebih tinggi. kemudian memancarkan kembali semua energi cahaya yang telah diserapnya.


Subscribe to receive free email updates: