Sebab terjadi nya angin | Cinta sains

 Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan udara rendah.Tekanan udara disemua tempat tidak sama. Perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan udara mengalir atau bergerak. Angin selalu diberi nama berdasarkan asal datangnya, seperti angin darat, angin lembah, dan angin gunung .



Adsa dua konsep penting untuk memahami apa yang menyebabkan angin yaitu udara dan tekanan udara. Makna sederhananya angin adalah molekul udara yang bergerak

Tekanan udara didefinisikan sebagai jumlah gaya yang diberikan molekul-molekul ini pada area tertentu. Secara umum, semakin banyak molekul udara, maka semakin besar tekanan udara.


Perubahan tekanan udara pada jarak horizontal tertentu akan menyebabkan molekul udara dari wilayah bertekanan udara relatif tinggi menuju area bertekanan rendah. Perbedaan tekanan horizontal seperti itu akan menghasilkan angin yang kita rasakan selama ini. 

Semoga sedikit penjelasan mengenai sebab dan asal terjadinya angin dapat bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: