Cara Reproduksi atau Kembang Biak Bison

Bison adalah salah satu hewan pemakan tumbuhan (Herbivora) yang ditemukan hidup di Eropa dan Amerika Utara. Bison menyukai tempat-tempat seperti lembah sungai, dataran padang rumput dan daerah yang dipenuhi dengan semak belukar. Makanan utama Bison berupa rumput, tanaman semak dan ranting-ranting pohon.


Bison hidup secara berkelompok, namun demikian tidak seperti kelompok hewan pada umumnya, Bison membentuk kelompok berdasarkan jenis kelamin. Bison jantan akan membentuk kelompok Bison jantan, sedangkan Bison betina akan membentuk kelompok Bison betina beserta anak-anaknya yang belum bisa hidup mandiri. Kedua kelompok Bison ini hanya bertemu saat musim kawin tiba.


Berat tubuh seekor Bison Amerika bisa mencapai 1.100 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 3,5 meter. Meski memiliki tubuh yang besar, Bison tetap mampu berlari dengan kencang. Seekor Bison mampu berlari dengan kecepatan 60 hingga 65 kilometer per jam. 

Selain memiliki ukuran tubuh yang besar dan mampu berlari dengan cepat, Bison juga memiliki ukuran kepala yang besar dengan 2 buah tanduk melengkung. Ia mampu menyeruduk predator seperti Harimau dan Singa hingga luka parah. Predator Bison lainnya yaitu Srigala mengandalkan penyerangan secara berkelompok untuk memangsa seekor Bison. Namun demikian, perburuan terbesar Bison justru dilakukan oleh manusia dengan  menggunakan senjata api.

Cara reproduksi atau kembang biak Bison

Bison merupakan hewan mamalia atau hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Musim kawin Bison terjadi pada musim panas di mana pada periode tersebut, Bison jantan akan bergabung dengan kelompok Bison betina.

Untuk mencegah Bison betina tertarik kepada pejantan lain, Bison jantan yang sudah bergabung lebih dulu dengan sebuah kelompok Bison betina, akan menghalang-halangi pandangan Bison betina dengan menggunakan tubuhnya yang besar saat ada Bison jantan lain yang melintas.

Saat pejantan penguasa kelompok mencoba menutupi pandangan Bison betina, maka Bison jantan di luar kelompok tersebut terkadang masih berusaha mendapatkan perhatian betina dengan mengeluarkan suara keras. Jika ini terjadi, maka perkelahian tak dapat dihindari. Bison jantan akan saling berkelahi dengan cara menyeruduk kepala Bison lawannya. Perkelahian akan berakhir jika salah satu Bison menyerah dan mundur.

Bison betina yang sudah melakukan perkawinan akan memasuki masa kehamilan selama 11 bulan. Sesudah itu, ia akan melahirkan bayi Bison yang berwarna kemerahan dan belum memiliki tanduk dengan berat maksimal mencapai 25 kilogram. 

Bayi Bison hidup dari air susu induknya hingga umur 1 tahun dan mencapai kematangan seksualnya pada umur 3 tahun. Saat tanduk dan punuk pada anak Bison telah tumbuh dan terbentuk, maka anak Bison tersebut telah siap untuk hidup dan mencari makan sendiri.


Seekor Bison bisa hidup hingga umur 20 tahun di alam liar. Sementara dalam penangkaran, seekor Bison bisa hidup hingga umur 40 tahun lamanya.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Kuskus dan Cara Kuskus Berkembang Biak

Demikian artikel tentang cara reproduksi atau kembang biak Bison. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: