Sebab Adanya Tahun Kabisat dan Pengertian Tahun Kabisat

Jika kita perhatikan, ada yang sedikit janggal dengan jumlah hari pada bulan Februari, dimana pada bulan tersebut jumlah harinya bisa berubah-ubah. Terkadang 28 hari dan terkadang 29 hari. Nah, kenapa ya kok bisa seperti itu?, adakah aturan atau rumus tertentu yang digunakan?, lalu adakah hubungannya dengan tahun Kabisat yang disebut dalam judul artikel Cinta Sains kali ini?

Sebab adanya tahun Kabisat

Kita sering mendengar bahwa jumlah hari dalam satu tahun adalah 365 hari, padahal sebenarnya jumlah persisnya adalah 365 hari, 5 jam, 48 menit dan 45,1814 detik. Jika hal ini diabaikan, maka setiap 4 tahun akan terjadi kekurangan sebanyak hampir 1 hari atau tepatnya 23 jam, 15 menit dan 0,7256 detik. 

Sebagai gantinya, setiap 4 tahun sekali akan ada penambahan atau extra 1 hari yang akan diberikan kepada bulan Februari, maka jadilah bulan Februari bisa berjumlah 29 hari. Itulah sebab kenapa jumlah hari pada bulan Februari bisa berubah-ubah. Tahun dimana bulan Februari mendapatkan penambahan 1 hari disebut sebagai tahun Kabisat.

Pengertian atau definisi tahun Kabisat

Tahun Kabisat adalah tahun dimana jumlah hari di dalamnya mendapatkan penambahan 1 hari, dari 365 hari menjadi 366 hari dimana penambahan 1 hari tersebut diberikan kepada bulan Februari.

Pertimbangan kenapa penambahan atau extra 1 hari tersebut diberikan kepada bulan Februari adalah karena bulan Februari yang memiliki jumlah hari paling sedikit, yaitu hanya 28 hari.

Tahun Kabisat dalam bahasa Inggris disebut sebagai Leap Year dan terjadi setiap 4 tahun sekali. Tanggal 29 pada bulan Februari disebut sebagai Leap Day.


Pertama kali dirumuskan oleh Astronom Sosiogenes dari Alexandria pada masa Kekaisaran Romawi Julius Caesar. Sosiogenes membuat kalender Julian dimana ditentukan ada 365,25 hari dalam 1 tahun. Namun akhirnya terjadi pembulatan menjadi 365 hari dalam 1 tahun. Sisa waktu 0,25 hari jika dijumlahkan dalam 4 tahun akan menjadi 1 hari. Oleh karena itu per 4 tahun akan terjadi penambahan 1 hari yang diberikan kepada bulan Februari.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Merkurius, Planet Terdekat dari Matahari

Demikian artikel tentang sebab adanya tahun Kabisat dan pengertian tahun Kabisat. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: